PERSEPSI ORANG TUA TENTANG IMPLEMENTASI PROGRAM BELAJAR DARI RUMAH (BDR) PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN SAAT PANDEMIK COVID-19 (PENELITIAN SURVEY DI WILAYAH KECAMATAN CIPUTAT TIMUR, TANGERANG SELATAN)

SAVIERA UTARI, . (2022) PERSEPSI ORANG TUA TENTANG IMPLEMENTASI PROGRAM BELAJAR DARI RUMAH (BDR) PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN SAAT PANDEMIK COVID-19 (PENELITIAN SURVEY DI WILAYAH KECAMATAN CIPUTAT TIMUR, TANGERANG SELATAN). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGRI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (900kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (679kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (878kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (472kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris mengenai persepsi orang tua tentang implementasi program belajar dari rumah pada anak usia 5-6 tahun di kecamatan Ciputat Timur, Tangerang Selatan. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan menggunakan 97 responden dari orang tua yang memiliki anak berusia 5-6 tahun di kecamatan Ciputat Timur, Tangerang Selatan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket yang disusun dalam bentuk google form. Teknik analisa data yang digunakan yaitu teknik statistik kuantitatif. Penelitian menemukan bahwa terdapat kecenderungan orang tua yang menunjukan pemahaman mengenai implementasi program belajar dari rumah secara keseluruhan dalam kategori cukup baik. Demikian juga untuk tata cara pelaksanaan dan faktor-faktor yang mempengaruhi proses kegiatan belajar dari rumah orang tua cenderung mengakui cukup mengalami kesulitan dalam memberikan pendampingan anak selama program belajar dari rumah. Kendala yang dialami orang tua dalam mendampingi anak belajar dari rumah adalah mengarahkan anaknya untuk belajar dan keterbatasan waktu, Orang tua berharap bahwa dengan dilaksanakannya program belajar dari rumah selama masa pandemic covid-19 ini dapat memberikan hak belajar dengan memerdekakan anak dimana anak mampu memilih kegiatan belajar sesuai dengan minatnya tanpa dibatasi oleh metode kurikulum yang ada. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk membantu orang tua dalam mencapai kesuksesan pada implementasi program belajar dari rumah pada anak usia 5-6 tahun agar anak dapat menerima ilmu pengetahuan dan keterampilan dari program belajar dari rumah secara optimal. ******************** This study aims to obtain empirical data regarding parents' perceptions of the implementation of home learning programs for children aged 5-6 years in East Ciputat sub-district, South Tangerang. The method used is a survey method using 97 respondents from parents who have children aged 5-6 years in the Ciputat Timur sub-district, South Tangerang. Data was collected using a questionnaire compiled in the form of a google form. The data analysis technique used is quantitative statistical techniques. The study found that there was a tendency for parents to show an overall understanding of the implementation of learning from home programs in categorized as good enough. Likewise, for the implementation procedures and the factors that influence the process of learning from home, parents tend to admit that they have quite experienced difficulties in providing assistance to children during the learning from home program. Obstacles experienced by parents in accompanying children to study from home are directing their children to study and limited time. Parents hope that by implementing the learning from home program during the covid-19 pandemic, they can give the right to learn by liberating children where children are able to choose learning activities. according to their interests without being limited by existing curriculum methods. The results of this study are expected to be used to assist parents in achieving success in implementing home learning programs for children aged 5-6 years so that children can receive knowledge and skills from home learning programs optimally.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Hapidin, M.Pd. ; 2). Dr. Nurjannah, SP.,M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 14534 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2022 08:28
Last Modified: 24 Mar 2022 08:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25306

Actions (login required)

View Item View Item