PENGARUH SELF EFFICACY TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

BIOLA YOANNITA, . (2016) PENGARUH SELF EFFICACY TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi_Biola Yoannita.pdf

Download (2MB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian eksperimen untuk mengetahui pengaruh self efficacy terhadap hasil belajar fisika materi fluida statis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode eksperimen, dengan desain pre experimental design jenis one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa SMA Negeri 2 INDRAMAYU. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik nonprobability sampling dengan desain purposive sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh dari kuesioner dan tes. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, dan statistika inferensial. Dan pengujian hipotesisnya menggunakan uji gain. Dari hasil uji tersebut diketahui bahwa peningkatan hasil belajar untuk kelompok siswa dengan self efficacy rendah juga rendah ( Ngain =0,18 atau 18%), peningkatan hasil belajar untuk kelompok siswa dengan self efficacy sedang adalah rendah ( Ngain =0,19 atau 19%), dan peningkatan hasil belajar untuk kelompok siswa dengan self efficacy tinggi adalah sedang ( Ngain =0,62 atau 62%). Research has done experiment to know the influence of self efficacy of the results of the study physics material fluid static.This research used a quantitative approach with the experiment method, using pre experimental design kind of one group pretest-posttest design.The population of the research is all of students in senior high school 2 Indramayu.The sample done to technique nonprobability sampling by design purposive sampling. Data in this study obtained from the questionnaire and tests. Analysis techniques data using descriptive statistics, and statistika inferential. And testing hypotesis use the gains. From test it is known that the study results for the students with self efficacy low also low ( Ngain = 0,18 or 18 % ), the study results for the students with self efficacy being is low ( Ngain = 0,19 or 19 % ), and improving study results for the students with self efficacy high is being ( Ngain = 0,62 or 62 % ).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Cecep. E. Rustana, Ph.D 2) Dr. Esmar Budi, M.T
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 24 Mar 2022 06:29
Last Modified: 24 Mar 2022 06:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25318

Actions (login required)

View Item View Item