ANISA MIFTAQUS SHOLICHA, . (2016) MANAJEMEN SUPERVISI PEMBELAJARAN OLEH KEPALA SEKOLAH DI SMP BANI TAQWA BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf Download (88kB) |
|
Text
4. LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (1MB) |
|
Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf Download (88kB) |
|
Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf Download (42kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf Download (92kB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Download (103kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Download (392kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Download (213kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Download (405kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (254kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88kB) |
|
Text
16. DAFTAR LAMPIRAN DATA.pdf Download (11MB) |
|
Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (120kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Download (0B) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (0B) |
Abstract
Penelitian yang berjudul Manajemen Supervisi Pembelajaran Oleh Kepala Sekolah di SMP Bani Taqwa Bekasi bertujuan untuk mengetahui dan memperoleh gambaran mengenai manajemen supervisi pembelajaran oleh kepala sekolah pada perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian ini dilakukan pada bulan April Hingga Juni 2016 menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan reduksi data, display data dan verifikasi data. Pemeriksaan dan keabsahan data dilakukan melalui tahap kreadibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan komformabilitas. Hasil pembahasan penelitian Manajemen Supervisi Pembelajaran oleh Kepala Sekolah di SMP Bani Taqwa Bekasi yaitu pada perencanaan kepala sekolah merencanakan program tahunan dengan mencanangkan supervisi pembelajaran sebagai salah satu program, kemudian kepala sekolah menentukan pihak terkait supervisi pembelajaran dan membuat sasaran dan jadwal pelaksanaan. Pada pelaksanaannya kepala sekolah mengumpulkan dan memeriksa rencana perangkat pembelajaran yang di buat oleh guru, kemudian kepala sekolah menggunakan teknik observasi kunjungan kelas dalam pelaksanaan supervisi pembelaajran, setelah itu mengadakan perjanjian dengan guru yang bersangkutan untuk menginformasikan hasil supervisi. pada tahap terakhir yaitu evaluasi kepala sekolah menindak lanjuti pelaksanaan supervisi dengan mengadakan penataran untuk perbaikan. Saran yang dapat diberikan untuk penelitian ini hendaknya kepala sekolah sebagai manajer dapat lebih dapat menyusun perencanaan dengan baik agar pelaksanaan supervisi pembelajaran dapat mendukung perkembangan pembelajaran ke arah yang lebih baik. The study, entitled Management Supervision Learning By Headmaster Junior Bani Taqwa Bekasi aims to identify and obtain an overview of the learning management supervision by the principal in planning, implementation and evaluation. This study was conducted in April As of June 2016 using descriptive qualitative approach method. Data were collected through interviews, observation and documentation. Data analysis was done with data reduction, data display and data verification. Inspection and validity of the data is done through kreadibilitas stage, transferability, dependability, and komformabilitas. Discussion of the results of research by the Learning Management Supervising Principal of SMP Bani Taqwa Bekasi is planning principals to plan the annual program by imposing supervision of learning as a program, then the principal determining related party supervision of learning and make goals and implementation schedule. In practice principals gather and examine plan learning device made by the teacher, then the principal use observation techniques in the classroom visits pembelaajran implementation supervision, after it entered into an agreement with the teacher to inform the results of supervision. at the last stage is evaluation of school principals to follow up the implementation of the supervision by holding workshops with repairs. Advice can be given for this research should be the principal as the manager may be able to draw up plans well in order to supervise the implementation of learning can support the development of learning into a better direction.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Nurhattati Fuad, M.Pd 2). Dr. Unifah Rosyidi, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | FIP > S1 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 24 Mar 2022 06:42 |
Last Modified: | 24 Mar 2022 06:42 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25322 |
Actions (login required)
View Item |