PERILAKU SOSIAL ANAK USIA 3-4 TAHUN TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (Gejala ADHD, Speech Delay) (Studi Kualitatif di TK Negeri Besuki Menteng Jakarta Pusat)

ANITA, . (2016) PERILAKU SOSIAL ANAK USIA 3-4 TAHUN TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (Gejala ADHD, Speech Delay) (Studi Kualitatif di TK Negeri Besuki Menteng Jakarta Pusat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Anita.pdf

Download (3MB)

Abstract

Anak-anak di kelas kelompok bermain belum dapat memahami perbedaan yang dialami oleh temannya yang berkebutuhan khusus, karena belum banyak interaksi yang terjadi. Hal ini menjadi salah satu ketakutan bagi anak-anak untuk melakukan interaksi dengan temannya yang berkebutuhan khusus. Peran guru di kelas sangat penting untuk menengahi ketika mulai terjadi interaksi dari anak berkubutuhan khusus yang memiliki kecenderungan sifat destruktif. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk meneliti perilaku sosial anak usia 3-4 tahun berinteraksi dengan anak berkebutuhan khusus. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuaitatif, dengan teknik pengambilan data purposive sampling. Sumber data atau informan dalam penelitian ini adalah anak kelas Kelompok Bermain dengan jumlah 13 anak dan 4 anak berkebutuhan khusus serta guru kelas. teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara observasi dan wawancara untuk mendapatkan data yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan penelitian serta dokumentasi untuk menguatkan data penelitian yang dimiliki. Analisis data dilakukan dengan menggunakan tiga tahapan model Miles dan Huberman ; 1. Reduksi data untuk pemilihan relevansi data penelitian. 2. Display data, untuk melihat keseluruhan atau sebagin data penelitian yang berbentuk naratif. 3. Penarikan kesimpulan dan Verifikasi untuk menemukan makna dengan menemukan keterkaitan, perbedaan dan persamaan data penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh beberapa temuan penelitian yang terkait dengan perilaku sosial anak usia 3-4 tahun terhadap anak berkebutuhan khusus kelas kelompok bermain di TK Negeri Besuki terbagi menjadi dua bentuk yaitu, perilaku prososial yang terdiri dari perilaku mengalah, berbagi, senang menolong, peka, dapat menanggapi secara rasional, dan perilaku antisosial yang terdiri dari perilaku egosentris, menggertak, mudah teralihkan, dan imitatif. Children at play group class can not understand the differences experienced by friends who have disabilities, because children does not have a lot of interaction. It became one of fear for the children to interact with friends who have special needs. The role of the teacher in the classroom is essential to mediate when starting an interaction of a special needs children destructive tendencies. Based on those, researchers interested in studying the social behavior of children aged 3-4 years of interacting with children with special needs. The method used is qualitative research, with data retrieval technique purposive sampling. Data sources or informants in this study were children preschool class with the number of 13 children and 4 children with special needs as well as classroom teachers. Data collection techniques used by observation and interviews to obtain data required to achieve the purposes of research and documentation to corroborate the data owned research. Data analysis was performed using a three-stage model of Miles and Huberman; 1. Reduction of the relevance of data for the selection of research data. 2. Display the data, to see the whole or sebagin research data in the form of narrative. 3. Withdrawal Verification conclusion and to find meaning by finding linkages, differences and similarities of research data. Based on the research results, obtained some research findings related to social behavior of children aged 3-4 years against children with special needs in the playgroup class of TK Negeri Besuki divided into two forms ie, prosocial behavior (relents, sharing, love to help, care to others, able to respond rationally) and antisocial behavior (egocentric, bluff, easily distracted, and imitative).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ade Dwi Utami, M.Pd 2). Dr. Nurjanah M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 24 Mar 2022 06:50
Last Modified: 24 Mar 2022 06:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25328

Actions (login required)

View Item View Item