Habit Membaca Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Jakarta

ARLAINE NUWANDA WERDININGSIH, . (2017) Habit Membaca Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ARLAINE NUWANDA WERDININGSIH-HABIT MEMBACA MAHASISWA FIS DI UPT PERPUSTAKAAN UNJ.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebiasaan membaca mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial di UPT Perpustakaan UNJ. Penelitian ini juga mendeskripsikan upaya yang dilakukan oleh perpustakaan dalam mendukung minat baca mahasiswa, serta konformitas mahasiswa dalam membaca di UPT Perpustakaan UNJ. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Subjek penelitian total berjumlah 12 informan yang terdiri dari 9 orang key informan, yaitu mahasiswa/i angkatan 2014 pengguna dan anggota aktif UPT Perpustakaan UNJ dari tiap program studi (prodi) di Fakultas Ilmu Sosial UNJ. Selanjutnya 1 orang informan dari pihak birokrasi Universitas Negeri Jakarta yaitu Wakil Rektor II Bidang Keuangan dan 2 orang informan dari UPT Perpustakaan Universitas Negeri Jakarta. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan terdapat faktor pendorong dan penghambat terciptanya kebiasaan membaca mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial di UPT Perpustakaan UNJ. Faktor pendorong dan penghambat dipengaruhi oleh hal-hal internal dan eksternal dari mahasiswa tersebut, yaitu belum terciptanya kesadaran bahwa membaca sebagai suatu kebutuhan adalah faktor penghambat internal terbesar. Lingkungan pergaulan dan pengaruh dari kelompok sebaya menciptakan konformitas bagi mahasiswa dalam membaca di perpustakaan. Peran UPT Perpustakaan UNJ dalam mendukung minat baca yang dimiliki mahasiswa sebatas tempat penyedia bahan pustaka semata. Kurangnya inovasi dan kegiatan dalam merangsang pemanfaatan perpustakaan oleh UPT Perpustakaan UNJ, membuat peranan perpustakaan dalam mendukung minat baca mahasiswa dinilai belum memenuhi harapan dari mahasiswanya. This study aims to describe Faculty of Social Science students’ reading habit at UPT Perpustakaan UNJ and library’s efforts to support the students’ interest in reading activity. This study used qualitative approach by case studies method. The data were gained from 12 informants. Three instruments were used in this study, such as observation, in-depth interview and documentation. The result of this study, show there are supporting and obstacle factors to create Faculty of Social Science students’ reading habit at UPT Perpustakaan UNJ. Both factors are caused by students’ intern and extern factors. The biggest intern obstacle factors is the lack awareness that reading is a necessity. The influence of environments and peer-groups create the students’ conformity for reading at the library. UPT Perpustakaan UNJ only provides the materials for references. The lack of innovation and activity from UPT Perpustakaan UNJ for stimulating students’ reading interest and utilize the library. The role of UPT Perpustakaan UNJ support the students’ reading interest are considered haven’t satisfied the students’ expectations.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Evy Clara, M.Si 2) Dr. Ikhlasiah Dalimoenthe, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 24 Mar 2022 07:00
Last Modified: 24 Mar 2022 07:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25334

Actions (login required)

View Item View Item