PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL VIDEOSCRIBE TENTANG FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Pengembangan model ADDIE di kelas X SMA Negeri 95 Jakarta)

Kurnia Benarivo Rahman, . (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL VIDEOSCRIBE TENTANG FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Pengembangan model ADDIE di kelas X SMA Negeri 95 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (203kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LEMBAR ORISINILITAS.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (483kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (409kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (475kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (185kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (621kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran audio visual videoscribe tentang faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar. Pengembangan media dilakukan dengan menggunakan desain instruksional ADDIE. Pengembangan media pada peneliti ini dilakukan sampai tahap pengembangan. Jenis sampel yang digunakan yaitu Probabillity sampling dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling yang berjumlah 179 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, wawancara kepada guru dan pemberian soal pilihan ganda. Media yang dikembangkan telah melalui serangkaian uji ahli, yaitu uji ahli media dengan hasil persentase sebesar 83%, kemudian dilakukan uji ahli materi dengan hasil persentase sebesar 82%, kemudian peneliti melakukan uji coba kepada 12 orang peserta didik yang memperoleh persentase sebesar 84% yang artinya media pembelajaran audio visual videoscribe tentang faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar termasuk dalam kategori sangat layak. Berdasarkan hasil pretest dan posttest yang bertujuan untuk mengukur keefektifan media diperoleh peningkatan pada pengetahuan faktor internal dengan persentase 60% menjadi 86%, faktor eksternal dengan persentase 69% menjadi 84%, dan pendekatan belajar 56% menjadi 76%. Hal tersebut menunjukan bahwa media pembelajaran audio visual videoscribe dapat digunakan dalam layanan klasikal tentang faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar dengan tampilan menarik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Happy Karlina Marjo 2) Dr. Wirda Hanim, M.psi
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 02 Jan 2020 10:36
Last Modified: 02 Jan 2020 10:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2534

Actions (login required)

View Item View Item