PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO TUTORIAL UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XII JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN (TKR) SMK PONCOL JAKARTA

Kurniasari Ariningsih, . (2018) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO TUTORIAL UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XII JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN (TKR) SMK PONCOL JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (166kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (307kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (317kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (180kB)
[img] Text
12. a. BAB I.pdf

Download (300kB)
[img] Text
12. b. BAB II.pdf

Download (549kB)
[img] Text
12. c. BAB III.pdf

Download (328kB)
[img] Text
12. d. BAB IV.pdf

Download (660kB)
[img] Text
12. e. BAB V.pdf

Download (160kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran video tutorial mengenai wawancara kerja untuk peserta didik kelas XII jurusan TKR di SMK Poncol, Jakarta. Melihat kurangnya informasi wawancara kerja serta efektivitas metode dan media yang digunakan oleh guru BK, mendorong peneliti untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran yang lebih menarik. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII Jurusan TKR SMK Poncol sebanyak 58 orang dengan menggunakan sampel jenuh. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RnD) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Namun, tahapan yang dilakukan hanya sampai pada tahap pengembangan. Pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa video tutorial wawancara kerja Jurusan TKR yang dikembangkan berdurasi 27 menit dan terdiri dari tiga segmen. Segmen ke-1 berisi pengertian wawancara kerja, tujuan wawancara, serta persiapan sebelum wawancara kerja. Segmen ke-2 berisi hal yang dilakukan pada saat wawancara kerja. Segmen ke-3 berisi hal yang dilakukan untuk menutup wawancara kerja. Hasil validasi dari ahli media diperoleh sebesar 93.75%, ahli materi sebesar 100% dan peserta didik sebesar 91%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media video tutorial wawancara kerja jurusan TKR dikategorikan sangat layak untuk digunakan dengan interpretasi informasi yang disajikan lengkap, alur yang runtut, penggunaan musik yang baik, terdapat caption sebagai penjelas, serta isi materi yang sangat mewakili bagi pelamar kerja yang baru lulus.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Wening Cahyawulan, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 02 Jan 2020 10:41
Last Modified: 02 Jan 2020 10:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2535

Actions (login required)

View Item View Item