PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VII-3 di SMP Negeri 12 Kota Tangerang)

ARLIETHA NOFELIZA, . (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VII-3 di SMP Negeri 12 Kota Tangerang). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
skripsi lita.PDF

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris mengenai penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray untuk meningkatkan hasil belajar IPS Terpadu. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII-3 di SMP Negeri 12 Kota Tangerang dari bulan Februari sampai bulan April 2017. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru IPS Terpadu. Penelitian ini menggunakan tiga siklus, pada setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu : Perencanaan Tindakan (planning), Pelaksanaan Tindakan (acting), Observasi (observing), dan Refleksi (reflecting). Berdasarkan hasil penelitian dari hasil belajar siswa terjadi peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus 1 sebesar 61% (24 siswa) mendapat nilai di atas KKM 72, pada siklus 2 sebesar 74% (29 siswa) mendapat nilai di atas KKM 72 dan pada siklus 3 sebesar 89% (35 siswa) mendapat nilai di atas KKM 72. Selain itu model pembelajaran Two Stay Two Stray mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam bertanya, berpendapat, menjawab dan berargumentasi.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar IPS Terpadu siswa, sehingga siswa memperoleh hasil belajar IPS Terpadu yang lebih baik yaitu di atas KKM 72. This study aims to obtain empirical data on the application of Two Stay Two Stray learning model to improve IPS Integrated learning outcomes. This research was conducted on the students of class VII-3 in SMP Negeri 12 Kota Tangerang from months of Action (acting), Observation (Observing), and Reflection (reflecting). Based on the results of research from student learning outcomes there is an increase in each cycle. In the first cycle of 61% (24 students) scores above KKM 72, in cycle 2 74% (29 students) scores above KKM 72 and in cycle 3 89% (35 students) scores above KKM 72 Besides, Two Stay Two Stray learning model able to increase student activeness to improve learning result of IPS Integrated students, so that students get in asking, argue, answer and argue. Thus it can be concluded that the application of Two Stay Two Stray learning model can be result of learning of Integrated IPS Better that is above KKM 72.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Eko Siswono, M.Si 2) Dr. Desy Safitri, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 28 Mar 2022 00:40
Last Modified: 28 Mar 2022 00:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25379

Actions (login required)

View Item View Item