WANITA SEBAGAI TULANG PUNGGUNG KELUARGA (Study Kasus : Wanita Yang Menjadi Tulang Punggung Keluarga dengan Memilih Bekerja Sebagai Sales Promotion Girl)

ASRIANI FARADITHA RITONGA, . (2017) WANITA SEBAGAI TULANG PUNGGUNG KELUARGA (Study Kasus : Wanita Yang Menjadi Tulang Punggung Keluarga dengan Memilih Bekerja Sebagai Sales Promotion Girl). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BURNING.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab wanita terpaksa menjadi tulang punggung keluarga dengan memilih bekerja sebagai SPG (Sales Promotion Girl), dan untuk mengetahui dampak negatif terhadap keharmonisan rumah tangga wanita yang menjalani peran sebagai ibu rumah tangga sekaligus tulang punggung keluarga. Penelitian ini dilakukan di salah satu cabang Perusahaan Retail YZ kawasan Jakarta Pusat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan catatan lapangan. Data yang terkumpul diperiksa keabsahannya menggunakan teknik ketekunan pengamatan, triangulasi dan kecakupan referensi. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukannya beberapa penyebab yang ternyata membuat para wanita yang menjadi tulang punggung keluarga tersebut memilih bekerja sebagai SPG (Sales Promotion Girl). Penyebabnya antara lain karena kebutuhan yang mendesak, ketidak mampuan suami mencari nafkah, ingin meningkatkan taraf hidup dan adanya peluang menguntungkan dalam pekerjaan sebagai SPG (Sales Promotion Girl). Akibat dari peran yang dijalani para wanita yang menjadi tulang punggung keluarga tersebut kemudian berpengaruh terhadap keharmonisan rumah tangga. Dampak negatif terhadap keharmonisan rumah tangga para wanita yang menjadi tulang punggung keluarga terlihat dari pemenuhan tanggung jawab mereka sebagai istri dan ibu dalam rumah tangga, perubahan sikap para wanita tersebut kepada keluarga, dan keutuhan rumah tangga baik dari segi pemenuhan quality time bersama keluarga maupun hubungan suami istri. The research aims to determine cause of women forced to become a breadwinner of her family by choosing to work as Sales Promotion Girl, and to know the negative impacts on the harmony female households who served as housewives and the breadwinner of her family. This research was conducted in one of the YZ Retail Company branches. The research method used in this research is qualitative method, with data collection techniques through observation, interviews and research notes. The collected data is checked for validity using observational techniques, triangulation and reference coverage. The result of this study is discovery of several causes that make the women who become the breadwinner of her family choose to work as SPG (Sales Promotion Girl). The cause is partly due to an urgent necessities, husband’s inability to earn a living, desire to raise the standard of living and and the existence of profitable opportunities in work as SPG (Sales Promotion Girl). As a result of the role that women who become the breadwinner of her family then affects for harmony of households. The negative impact on household harmony of women who become the breadwinner of her family can be seen from the fulfillment of their responbilities as wives and housewives, difference attitude of the women to her family, and the integrity of household both in terms of fulfillment of quality time with family and their marital relathionship.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Muhammad Muchtar, M.Si 2) Sujarwo, M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 28 Mar 2022 01:38
Last Modified: 28 Mar 2022 01:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25390

Actions (login required)

View Item View Item