ATI SULASTRI, . (2017) PENGEMBANGAN MEDIA ICE BREAKING TALKING PEN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X SMAN 100 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI-ATI-SULASTRI-BAB 1-2-3-4-5-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara mengembangkan media ice breaker talking pen dalam mata pelajaran PAI. Metode yang digunakan adalah model pengembangan Borg dan Gall dengan tahapan yang telah disederhanakan oleh peneliti yang meliputi tahap analisis kebutuhan, tahap validasi dan tahap uji coba. Data didapatkan dari angket yang terdiri dari instrumen validasi ahli media dan ahli materi serta angket tanggapan siswa tentang media ice breaker talking pen pada mata pelajaran PAI. Desain uji coba meliputi uji coba satu lawan satu, uji coba kelompok kecil dan uji lapangan (kelompok besar). Uji coba satu lawan satu dilakukan pada 2 orang, kelompok kecil dilakukan pada 10 orang dan uji lapangan dilakukan pada 36 orang siswa kelas X MIPA 1 SMAN Jakarta. Instrumen penilaian produk mengacu pada teori Walker dan Hess tentang kualitas media pembelajaran dan teori kriteria ice breaker menurut Soenarno. Hasil penelitian pengembangan ini adalah produk media ice breaker talking pen yang terdiri dari komponen kartu perintah dan musik yang dikembangkan melalui tahap pengumpulan data, tahap perencanaan, tahap pengembangan produk, serta tahap validasi dan uji coba yang kemudian disempurnakan. Berdasarkan pada hasil validasi didapat skor rata-rata dari validasi ahli materi sebesar 4,75 atau kategori sangat baik, dan dari validasi ahli media sebesar 3,78 atau kategori baik. Setelah dilakukan revisi dari penilaian, saran serta komentar ahli maka dilakukan uji coba penggunaan. Kemudian didapatkan tanggapan siswa mengenai media ice breaker talking pen sebesar 4,39 atau kategori sangat baik. Maka dari itu media ice breaker talking pen pada mata pembelajaran PAI kelas X dinyatakan layak untuk digunakan dengan kategori sangat baik. The research was aimed to find out how to develop media ice breaker talking pen and media feasibility on the subjects of PAI. The method in this research is the development model of Borg and Gall with stages that have been simplified by the researchers covering the needs analysis phase, validation stage and test phase. Data obtained from questionnaire consisting of instrument validation of media expert and material expert as well as questionnaire of student response about ice breaker talking media pen on PAI subjects. Trial designs include one to one trials, small group trials and field trials (large groups). One to one trials were conducted on 2 students, small groups were performed on 10 students and field trials were conducted on 36 students 10th grade MIPA 1 at SMAN 100 Jakarta. The product assessment instrument refers to Walker and Hess's theories about the quality of instructional media and the theory of ice breaker criteria according to Soenarno. The result of this development research is ice breaker talking pen media product which consists of component of command and music card developed through data collection stage, planning stage, product development stage, and validation and testing phase. Based on the validation results obtained the average score of material expert validation is 4,75 or very good category, and from media expert validation is 3,78 or good category. After a revision of the assessment, suggestions and expert comments then tested the use. Then the result of the users ice breaker talking pen media get an average score of 4,39 or very good category. Therefore the ice breaker talking pen media on the eyes of learning PAI class X declared eligible for use with the category very well.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Izzatul Mardhiah, MA 2) Yusuf Ismail, MA |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam) |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 28 Mar 2022 01:46 |
Last Modified: | 28 Mar 2022 01:46 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25392 |
Actions (login required)
View Item |