PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PREDICT DISCUSS EXPLAIN OBSERVE DISCUSS EXPLAIN (PDEODE) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

DEWI DAMAYANTI, . (2016) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PREDICT DISCUSS EXPLAIN OBSERVE DISCUSS EXPLAIN (PDEODE) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (95kB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (377kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Predict, Discuss, Explain, Observe, Discuss, Explain (PDEODE) terhadap hasil belajar pada materi larutan penyangga. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SMAN 113 Jakarta tahun ajaran 2015/2016. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling, yang diperoleh kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen menggunakan strategi pembelajaran PDEODE dan kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran 5M yang masing-masing berjumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar kimia berupa soal pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial uji-t. Rata-rata hasil belajar kimia siswa kelas eksperimen adalah 81,25 sedangkan rata-rata hasil belajar kimia siswa kelas kontrol adalah 74,31. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kimia pada kelas eksperimen dan kelas kontrol (thitung = 3,835 > ttabel = 1,99). Adanya perbedaan ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran PDEODE berpengaruh positif terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi Larutan Penyangga. The aims of this study was to determine the effect of Predict, Discuss, Explain, Observe, Discuss, Explain (PDEODE) learning strategy on learning outcomes in buffer solutions. The study was quasi-experimental with Nonequivalent Control Group Design. This study was conducted at State Senior High School 113 Jakarta in the 2015/2016 academic year. The sampling technique used was cluster random sampling dan obtained science class XI-1 consisted of 36 students as an experimental group used PDEODE learning and science class XI-4 consisted of 36 students as the control group used 5M learning. The data instrument used were the multiple choice test. The data collected were analyzed using descriptive statistics and inferential analysis (t-test). The mean score of experimental group were 81,25 and the mean score of control class were 74,31. The results of this study showed that there were different learning outcome between the experimental group and control group (t= 3.835> t= 1.99). The differences indicate that the application of PDEODE learning strategy positive influence on students' learning outcomes in Buffer Solutions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Suhartono, M.Kes 2) Drs. Zulhipri, M.Si
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 28 Mar 2022 02:02
Last Modified: 28 Mar 2022 02:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25398

Actions (login required)

View Item View Item