ANALISIS SOFT SKILLS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM – COLLABORATIVE LEARNING PADA MATERI REDOKS DAN TATA NAMA SENYAWA KIMIA

CATUR AHDA DAROJATUN, . (2017) ANALISIS SOFT SKILLS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM – COLLABORATIVE LEARNING PADA MATERI REDOKS DAN TATA NAMA SENYAWA KIMIA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3336159164_CATUR AHDA D.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis soft skills siswa pada materi redoks dan tata nama senyawa kimia melalui model pembelajaran flipped classroom-collaborative learning. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017 di SMA Negeri 54 Jakarta. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 1 yang berjumlah 36 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan instrumen wawancara, lembar observasi, reflektif jurnal, catatan lapangan, kuesioner serta tes evaluasi. Flipped classroom-collaborative learning adalah model instruksional dimana siswa mempelajari materi pelajaran di luar kelas melalui video pembelajaran, kemudian kegiatan belajar di dalam kelas akan dilakukan pembelajaran kolaboratif yang menekankan pada aktivitas siswa dalam kelompok, meliputi bekerja sama, sharing knowledge, mengkonstruksi pemahaman bersama, dan bertanggung jawab terhadap kelompok. Hasil penelitian menunjukkan tiga dari lima soft skills siswa muncul meliputi keterampilan komunikasi, keterampilan kolaborasi dan literasi TIK. Sementara keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah seta berpikir kreatif tidak muncul. Penerapan model pembelajaran ini memberikan kemudahan bagi siswa untuk memahami materi pelajaran di dalam mapupun di luar kelas, mereview materi pelajaran, membantu siswa yang pasif, dan dapat digunakan sebagai panduan dalam mengerjakan tugas serta mempersiapkan tes. Selain itu, model ini juga berdampak positif terhadap hasil belajar siswa. This study aims to analyze student‟s soft skills in redox and chemistry nomenclature through flipped classroom-collaborative learning model. This research involved 36 students at the first grade which occur on second semester 2016/2017. The research metodhology was qualitative research which using several methods such as interview, observation, journal reflective, fieldnotes, quetionaire, and also test as supporting data. Flipped classroom-collaborative learning model is an instructional model in which students studied the material outside the class through lecturer video, then in classroom activities there will be a collaborative learning which emphasize on student‟s activity in group, such as teamworks, sharing their own knowledge, building comprehension together, and responsibility in group. The research shows that there are three student‟s soft skills which emerge such as communication skills, collaborative skills, and information communication and technology literacy. While critical thinking and problem solving skills and creativity thinking skills didn‟t emerge during the research. Flipped classroom-collaborative learning model help students to understanding the material either outside the classroom or in classroom activity, review the material, suitable for passive students, and guide students to do their homework and preapare the test. Furthermore, this model had postive effect on students achievement.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1) Dr. Maria Paristiowati, M.Si 2) Dr. Yusmaniar, M.Si
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 28 Mar 2022 02:08
Last Modified: 28 Mar 2022 02:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25399

Actions (login required)

View Item View Item