FUNGSI KELUARGA PINGGIR REL KERETA API DALAM PENDIDIKAN ANAK Studi Kasus di Pemukiman Pinggir Rel Kereta Api Pesing RT 015, Jakarta Barat

AYATUSYIFA WULANDARI, . (2017) FUNGSI KELUARGA PINGGIR REL KERETA API DALAM PENDIDIKAN ANAK Studi Kasus di Pemukiman Pinggir Rel Kereta Api Pesing RT 015, Jakarta Barat. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI AYATUSYIFA WULANDARI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data mengenai fungsi keluarga khususnya orang tua yang tinggal di pinggir rel kereta api dalam pendidikan anak- anaknya hingga berhasil dan mampu melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. Metode penelitian yang digunakan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode ini menekankan pada aspek kedalaman informasi yang diperoleh melalui informan yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 7 orang, yang terdiri dari 3 orang informan inti dan 4 orang informan kunci. Penelitian dilakukan di pemukiman padat penduduk pinggir rel kereta api Jalan Pesing Garden RT 015, Kelurahan Kedoya Utara, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat selama empat bulan dari Januari sampai dengan April 2017. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa keluarga pinggir rel kereta api memiliki fungsi yang luar biasa dalam pendidikan anak. Di dalam fungsi keluarga terdapat peranan yang dijalankan oleh orang tua dalam pendidikan anaknya. Yang melatarbelakangi sebagian keluarga pinggir rel kereta api untuk melanjutkan pendidikan anaknya adalah latar belakang pendidikan dan tingkat pendapatan orang tua. Selain itu ada pula peranan orang tua yang berperan dalam pendidikan anaknya yaitu cara membimbing, cara mendidik, dan dorongan atau motivasi keluarga. Oleh sebab itu, tempat tinggal tidak selamanya berkaitan dengan tingkat pendidikan yang diraih oleh anak-anak dari keluarga pinggir rel kereta api. Seperti objek yang telah diteliti, keluarga yang tinggal di pemukiman padat pinggir rel kereta api Pesing, tetapi anak-anaknya bisa melanjutkan pendidikan hingga perguruan tinggi. Kesadaran akan pentingnya pendidikan membuat orang tua ingin anaknya mendapatkan pendidikan yang terbaik. This study aims to obtain data on family functions, especially parents who live on the edge of the railroad in the education of their children to succeed and able to continue education to a higher level. The research method used qualitative, with data collection techniques through observation, interview, and documentation. This method emphasizes on the depth of information obtained through the informants taken in this study as many as 7 people, consisting of 3 core informants and 4 key informants. The study was conducted in a densely populated residential suburb of Street Pesing Garden RT 015, Kedoya Utara Sub-District, Kebon Jeruk Sub-district, West Jakarta for four months from January to April 2017. The results concluded that the railway side families have a remarkable function In children's education. In the function of the family there is a role carried out by parents in the education of their children. The background of some railway side families to continue their children's education is the educational background and income level of parents. In addition there is also the role of parents who play a role in the education of children is how to guide, how to educate, and encouragement or family motivation. Therefore, the place of residence is not always associated with the level of education achieved by the children of the railroad family. As the object has been studied, families living in crowded settlements beside Pesing rail, but their children can continue their education until college. Awareness of the importance of education makes parents want their children to get the best education.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Eko Siswono, M.Si 2) Nova Scorviana Herminasari, M.A
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 28 Mar 2022 02:11
Last Modified: 28 Mar 2022 02:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25401

Actions (login required)

View Item View Item