PENGEMBANGAN BUKU FISIKA DILENGKAPI DENGAN AUGMENTED REALITY PADA POKOK BAHASAN LISTRIK STATIS DAN LISTRIK DINAMIS UNTUK SMA KELAS XII SEMESTER I

BENING PUSPA DEWI, . (2017) PENGEMBANGAN BUKU FISIKA DILENGKAPI DENGAN AUGMENTED REALITY PADA POKOK BAHASAN LISTRIK STATIS DAN LISTRIK DINAMIS UNTUK SMA KELAS XII SEMESTER I. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI_BENING_23AGUSTUS2017_lengkap.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku fisika dilengkapi dengan augmented reality pada pokok bahasan listrik statis dan listrik dinamis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model penelitian Dick and Carey. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah one to one evaluation, uji kelayakan menggunakan instrumen untuk validator uji kelayakan media, materi dan uji coba lapangan (guru dan siswa). Pengambilan data hasil evaluasi one to one berupa deskripsi hasil wawancara pada siswa. Sedangkan pengambilan data hasil validasi media pembelajaran, materi, uji coba terbatas (guru dan siswa) menggunakan instrumen penilaian dengan skala Likert. Buku fisika yang dilengkapi augmented reality pokok bahasan listrik statis dan listrik dinamis ini telah melalui tahap uji validasi dengan rata-rata presentase capaian sebesar 80,44% oleh ahli materi, 91,75% menurut ahli media pembelajaran, dan 95,21%menurut guru Fisika SMA. Hasil uji coba terbatas oleh 10 siswa kelas XII MIPA C SMAN 105 Jakarta menunjukkan presentase capaian sebesar 82,48%. Selain itu berdasarkan hasil uji pretes dan postes, diperoleh nilai gain ternormalisasi sebesar 0.68. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa buku fisika dilengkapi augmented reality pada pokok bahasan listrik statis dan listrik dinamis ini telah layak digunakan sebagai buku pelajaran pokok bahasan listrik statis dan listrik dinamis. This research aim to develop Physics Booke Euipped With Augmented Reality on Static Electricity and Dynamics Electricity. The research method wich used in this study is a research and development methods using development research model by Dick and Carey. Data collection technique using one to one evaluation the result of data is description about interview of the student. While data retrieval of learning media validation results, materials, limited trials (teachers and students) using assessment instruments with Likert scale. The physics book with augmented reality subject of static electricity and dynamic electricity has passed the validation test stage with the average percentage of achievement of 80.44% by the material experts, 91,75% according to the expert of instructional media, and 95,21% according to the teacher High School Physics. The trial result is limited by 10 students of class XII MIPA C SMAN 105 Jakarta shows the percentage of achievement of 82.48%. In addition, based on pretest and post test results, obtained a normalized gain value of 0.68. From the results of this study can be concluded that physics book equipped augmented reality on the subject of static electricity and dynamic electricity has been feasible to be used as a textbook subject of static electricity and dynamic electricity.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Fauzi Bakri, S.Pd, M.Si 2) Dewi Muliyati, S.Pd, M.Si, M.Sc
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 28 Mar 2022 02:19
Last Modified: 28 Mar 2022 02:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25403

Actions (login required)

View Item View Item