AYU NOLANTIKA, . (2016) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SEJARAH BERDASARKAN KURIKULUM 2013 (Studi Kasus Kelas X dan XII di SMA Negeri 63 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Ayu Nolantika. 4415120301. Fakultas Ilmu Sosial, UNJ..pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang bagaimana pelaksanaan pembelajaran sejarah berdasarkan Kurikulum 2013 di SMA Negeri 63 Jakarta, tahun ajaran 2016–2017. Penelitian ini dilaksanakan selama empat bulan, yaitu dari Juli–Oktober 2016 di kelas X MIPA 1, X MIPA 3, XII IPS 2, dan XII IPS 3. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Data diperoleh melalui teknik kalibrasi keabsahan data menggunakan triangulasi data dengan observasi, penelaahan dokumen, serta wawancara. Dalam Kurikulum 2013, keaktifan siswa saat pembelajaran dilakukan dengan aktivitas ilmiah 5M (Mengamati, Menanya, Mengumpulkan Data, Mengasosiasi, dan Mengkomunikasikan). Kurikulum 2013 yang berbasis pendidikan karakter linear dengan tujuan pembelajaran sejarah yang menanamkan serta menumbuhkan kesadaran cinta tanah air dan rasa nasionalisme. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran sejarah belum efektif sesuai Kurikulum 2013 yang berpusat kepada siswa (student centered), karena guru hanya menyampaikan uraian berupa cerita dan fakta sejarah dengan metode ceramah, tanya jawab dan mencatat, sehingga guru tidak menggali kemampuan siswa dengan aktifitas 5M dalam memahami peristiwa sejarah. Walaupun guru sudah mendapat pelatihan Kurikulum 2013, kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru sama di setiap jenjang kelas. Hal tersebut mengakibatkan tujuan pembelajaran sejarah Indonesia atau sejarah (peminatan) belum tercapai, sehingga siswa tidak mempunyai kesadaran sejarah bahwa sejarah adalah sebuah pelajaran yang dapat menjadikan siswa berpikir kritis tentang kausalitas serta relevansi peristiwa masa lalu, kini dan masa depan. This study aimed to get empirical data about how the implementation of the teaching of history based Curriculum 2013 in SMA Negeri 63 Jakarta, the academic year 2016-2017. This study was conducted over four months, ie from July to October 2016 for class X Mathematics 1, Mathematics 3 X, XII IPS 2, and XII IPS 3. The method used in this study is qualitative. Data obtained through the calibration technique authenticity of data use triangulation data through observation, review of documents, and interviews.In Curriculum 2013, active students when learning is done by the scientific activity 5M (Observe, ask, Collecting Data, associates, and Communicate). Curriculum 2013 based linear character education with the goal of teaching history to instill and foster awareness of patriotism and nationalism. Based on this study concluded that the activities of the teaching of history has not been effective in accordance Curriculum 2013, which centered on the students (student centered), because the teacher only convey the description in the form of stories and historical facts with lectures, question and answer and record, so the teacher does not explore the ability of students to the activities of 5M in understanding historical events. Although the teacher has received training curriculum in 2013, learning activities carried out by the same teacher in each grade.This resulted in the goal of learning the history of Indonesia or the history (specialization) has not been achieved, so that students do not have a sense of history that history is a lesson that can make students think critically about causality and the relevance of past events, present and future.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Djunaidi, M.Hum 2) Dr. Kurniawati, M.Si |
Subjects: | Sejarah Dunia > Sejarah |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 28 Mar 2022 02:39 |
Last Modified: | 28 Mar 2022 02:39 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25412 |
Actions (login required)
View Item |