PEMBELAJARAN KONSEP OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BENTUK ALJABAR MELALUI PENDEKATAN PMRI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 90 JAKARTA

ABDA’U IKA QIFTIYANI, . (2019) PEMBELAJARAN KONSEP OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BENTUK ALJABAR MELALUI PENDEKATAN PMRI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 90 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (150kB)
[img] Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (178kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (255kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (241kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (83kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (178kB)
[img] Text
11a. BAB I.pdf

Download (519kB)
[img] Text
11b. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[img] Text
11c. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
11d. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (846kB)
[img] Text
11e. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana siswa dapat memhami konsep operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar. Penelitian dilakukan mulai dari penyusunan proposal sampai dengan laporan hasil penelitian. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode design research. Terdapat tiga fase penelitian yang digunakan pada penelitian design research, yaitu thought experiment (fase eksperimen hasil pemikiran), instruction experiment (fase eksperimen mengajar), dan analisis retrospektif. Subjek penelitian ini adalah enam siswa kelas VII-4 di SMP Negeri 90 Jakarta. Data yang dikumpulkan berupa rekaman video dan foto selama pembelajaran berlangsung, hasil wawancara siswa, hasil kerja siswa, hasil diskusi, serta catatan lapangan di setiap pertemuan. Instrumen yang digunakan antara lain dokumentasi berupa rekaman video dan foto, lembar wawancara, lembar aktivitas siswa, lembar catatan lapangan, dan Hipotesis Lintasan Belajar (HLB). Ada dua jenis validitas pada penelitian ini yakni validitas internal dan validitas eksternal, sedangkan reliabilitas yang ada yakni reliabilitas internal dan reliabilitas eksternal. Pemahaman konsep operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar siswa mengalami perkembangan melalui aktivitas dalam pembelajaran yang telah dirancang. Proses pembelajaran melalui rangkaian aktivitas berjalan sesuai dengan HLB yang sudah dirancang sebelumnya. Rangkaian aktivitas yang berkaitan dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) yang memperhatikan karakteristiknya pada penelitian design research ini dapat mengembangkan pemahaman konsep operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar siswa. Berdasarkan hasil analisis retrospektif, karakteristik PMRI berperan dalam mengembangkan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar di SMP Negeri 90 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Aris Hadiayan Wijaksana, M.Pd, ; 2). Puspita Sari, S.Pd, M.Sc
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 28 Mar 2022 03:15
Last Modified: 25 Jan 2023 03:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25420

Actions (login required)

View Item View Item