PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS CHAMILO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA SMA KELAS X SEMESTER II

AYU REZKY YULITA, . (2017) PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS CHAMILO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA SMA KELAS X SEMESTER II. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
AYU REZKY YULITA_PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS CHAMILO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA SMA K.pdf

Download (19MB)

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran e-learning berbasis Chamilo pada materi Fisika SMA Kelas X Semester II yang dapat digunakan sebagai suplemen pembelajaran dan menjadi alat bantu pembelajaran untuk penyampaian materi dan tugas-tugas terstruktur untuk siswa kelas X SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan Research and Development (R&D). Perangcangan ini menggunakan Learning Management System (LMS) Chamilo untuk mendesain dan mengatur penyelenggaraan pembelajaran. E-learning yang dihasilkan menampilkan materi pembelajaran yang dapat dibaca di layar komputer atau dapat juga diunduh. Dalam kotak menu pembelajaran, materi diperkaya dengan video pembelajaran dan tes pemahaman siswa. Selain menu pembelajaran, e-learning dilengkapi dengan agenda dan forum diskusi antar pengguna dengan tampilan yang mudah digunakan dan menarik. Hasil uji kelayakan perangkat e-learning oleh ahli materi adalah 86,67%, ahli media 92,39%, dan ahli pembelajaran 94,47%. Sedangkan uji efektivitas oleh siswa SMA Pusaka 1 Jakarta memperoleh skor gain sebesar 0,5 atau interpretasi kenaikan skor sedang. Dari hasil uji kelayakan dan uji efektivitas perangkat e-learning, maka dapat disimpulkan bahwa perangkat elearning yang dikembangkan dinyatakan layak sebagai media pembelajaran online dan membantu proses pembelajaran tatap muka di kelas. The main objective of this research is to produce Chamilo based e-learning media on Physics material of SMA X of Semester II which can be used as a learning supplement and become a learning tool for the delivery of materials and structured tasks for high school X students. The research method used is research development method of Research and Development (R & D). This battle uses the Learning Management System (LMS) Chamilo to design and organize learning events. The resulting e-learning displays learning materials that can be read on a computer screen or can also be downloaded. In the learning menu box, the material is enriched with learning videos and student comprehension tests. In addition to the learning menu, e-learning comes with agenda and discussion forums between users with an easy to use and nteresting interface. The result of feasibility test of e-learning tool by material expert is 86,67%, media expert 92,39%, and expert of learning 94,47%. While the effectiveness test by SMA 1 Pusaka 1 Jakarta students get a gain score of 0,5 or a moderate score increase interpretation. From the result of feasibility test and effectiveness test of e-learning device, it can be concluded that the developed e-learning device is declared viable as an online learning media and help the process of face-to-face learning in the classroom

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Fauzi Bakri, S.Pd, M.Si 2) Dewi Muliyati, S.Pd, M.Si, M.Sc
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 28 Mar 2022 03:05
Last Modified: 28 Mar 2022 03:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25423

Actions (login required)

View Item View Item