EVALUASI DAMPAK PADA PROGRAM PEMBINAAN ATLET TUNAGRAHITA (Studi Pada Atlet Tunagrahita dalam Special Olympics Indonesia (SOIna) Rawamangun, Jakarta Timur)

AYU WIDIASWARI, . (2017) EVALUASI DAMPAK PADA PROGRAM PEMBINAAN ATLET TUNAGRAHITA (Studi Pada Atlet Tunagrahita dalam Special Olympics Indonesia (SOIna) Rawamangun, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
AYU SKRIPSI FIX.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengungkap mengenai fenomena yang selama ini belum terekspos dengan baik. Mengetahui lebih dalam program-program pembinaan prestasi yang diberikan kepada para atlet tunagrahita. Analisis akan menggunakan teori eksklusi sosial, konsep evaluasi dampak dan analisis SWOT. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif guna memperoleh gambaran tentang bagaimana atlet tunagrahita mampu mengembangkan bakat dalam bidang olahraga. Organisasi yang peduli pada anak tunagrahita yaitu Special Olympics Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi, studi pustaka, dan peneliti juga ikut hadir dalam setiap proses latihan, yang berdasarkan konsep pemberdayaan. Subjek dalam Penelitian ini yang menjadi tujuan utama peneliti adalah penyandang tunagrahita, dengan mendapatkan informasi dari orang tua anak yang menjadi atlet, pelatih dan volunteer. Penelitian ini menggambarkan program pembinaan yang dijalankan oleh SOIna. Hasil penelitian yang dilakukan pada SOIna, dalam kegiatan program pembinaan atlet Tunagrahita berjalan dengan baik dan efektif dan antusias yang sangat baik dalam mengikuti program pembinaan. Program pembinaan yang kurang berjalan dengan baik hanya pada cabang olahraga renang, karena kurang nya fasilitas, terutama pelatih dan volunteer nya masih sedikit yang aktif. This study aims to review determine and reveal regarding the phenomenon of the singer not exposed during with good. Knowing more hearts programs the development of achievement awarded to athletes disability intellectual shown. The analysis will be using the social exclusion theory, concept impact evaluation and SWOT analysis. This study using a qualitative approach in order to obtain a picture of how athletes disability intellectual about able to develop talent hearts in sports. The organization care for kids in disability intellectual that Special Olympics Indonesia. Collection techniques used is a singer yang hearts research depth interview, observation, literature study, and researchers also participate present hearts every workout process, which based on the concept empowerment. Singer yang hearts subject research being top destinations researcher is with mental retardation, with get information from children become parents of athletes, coaches and volunteers. This research development program illustrates its run by SOIna. Results what do at SOIna, in activities development program athlete disability intellectual walk with good and effective and enthusiastic a very good coaching program hearts follow. Less coaching program that runs with good only at the branch sports pool, because it has been used less, especially his coaches and volunteers still a little enabled.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Rosita Adiani, MA 2) Syaifudin. M. Kesos
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Sosiologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 28 Mar 2022 03:09
Last Modified: 28 Mar 2022 03:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25424

Actions (login required)

View Item View Item