PENGEMBANGAN KOMIK BERBASIS PETA KONSEP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI SISTEM SARAF DI SMA

AYU INDRASWARY, . (2016) PENGEMBANGAN KOMIK BERBASIS PETA KONSEP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI SISTEM SARAF DI SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3415122171-Ayu Indraswary.pdf

Download (6MB)

Abstract

Komik merupakan salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran. Ketertarikan elemen visual pada komik dapat membantu siswa dalam mempelajari konsep Biologi yang rumit. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan komik berbasis peta konsep sebagai media pembelajaran pada materi Sistem Saraf. Penelitian ini dilakukan pada April-Juni 2016 di SMAN 91 Jakarta, menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Terdapat enam tahapan penelitian yang telah dilakukan secara berurutan: identifikasi kebutuhan, perumusan tujuan, pengembangan materi, penulisan alat ukur keberhasilan, pengembangan media, serta uji coba dan revisi. Produk yang telah dikembangkan memperoleh penilaian pada semua uji dengan interpretasi sangat baik. Rata-rata persentase uji kelayakan pada ahli, ahli materi, kelompok kecil siswa, uji lapangan, uji kelayakan pada guru Biologi secara berturut-turut adalah 86,5%, 92,6%, 85,4%, 85,7%, dan 85,5%. Rata-rata persentase skor pada keseluruhan uji kelayakan adalah sebesar 87,1%, yang mengindikasikan bahwa produk yang dikembangkan mendapat interpretasi sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran komik berbasis peta konsep pada materi Sistem Saraf layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran pada materi Sistem Saraf di SMA. Comics are one of media which can be used for learning purposes. Attractive visual element of comic allowing students to learn about challenging biology concepts. Therefore, this research was aimed to develop concept map based comic as learning media on Nervous System. This study was conducted from April to June 2016 at SMAN 91 Jakarta, using research and development method. There were six steps had been done continuously: need assessment, objective formulation, material development, instruments development, media development, and try-out and revision. The developed product received very good interpretation in all feasibility try-outs. The average of percentage score for feasibility tryout gained from media experts, material experts, small group of students try-out, and for Biology teacher try-out were 86,5%, 92,6%, 85,4%, 85,7%, and 85,5% respectively. The product’s average percentage of feasibility score was 87,1%, which indicated that the product obtained a very good interpretation. As a conclusion, this concept map based comic was qualified as a learning media on Nervous System in senior high school

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Rusdi, M. Biomed 2) Dian Evriyani, S.Kep., M.B.Sc
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 28 Mar 2022 03:24
Last Modified: 28 Mar 2022 03:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25432

Actions (login required)

View Item View Item