AULIA RACHMA, . (2017) PENGARUH MOTIVASI TERHADAP ADVERSITAS SISWA (STUDENT’S ADVERSITY ): STUDI EX POST FACTOTERHADAP SISWA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI65 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
AULIA RACHMA_3415133059.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Tingkat kecerdasan siswa sangat menentukan tingkat keberhasilan belajar siswa. Salah satu jenis kecerdasan manusia adalah Adversity Quotient (AQ) atau disebut juga adversitas. Seseorang yang memiliki kecerdasan AQ yang tinggi akan lebih bertahan dari tantangan, kemalangan ataupun kesulitan dan justru menganggap tantangan tersebut merupakan kesempatan untuk meraih pencapaian yang lebih baik. Salah satu hal yang dapat memprediksi AQ siswa adalah motivasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan pengaruh motivasi terhadap adversitas siswa (student’s adversity) di SMA Negeri 65 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif melalui studi ex-post facto.Sampel sejumlah 56 siswa diambil secara acak.Hasil pengujian normalitas data menggunakan Kolmogorov-Smirnov didapatkan data berdistribusi normal. Hasil pengujian homogenitas data menggunakan uji F didapatkan data bersifat homogen. Uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh hasil tolak H0 yang artinya terdapat perbedaan adversitas siswa yang memiliki motivasi kuat dengan yang memiliki motivasi lemah.Skor adversitas siswa yang memiliki motivasi kuat lebih tinggi dibandingkan skor adversitas siswa yang memiliki motivasi lemah. Oleh karena itu, berdasarkan dari perbedaan rata-rata yang diperoleh, motivasi yang kuat diduga memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap adversitas siswa dibandingkan motivasi lemah. The level of student intelligence is very determine the level of student learning success. One type of human intelligence is Adversity Quotient (AQ) or also called adversity. A person with a high AQ intelligence will be more resistant to challenge, misfortune or difficulty and instead sees the challenge as an opportunity to achieve a better achievement. One of the things which can predict student’s adversity is motivation. The purpose of this research is to reveal the influence of motivation on student's adversity in SMA Negeri 65 Jakarta. This research was held in second semester 2016/2017. The type of this research is quantitative research through ex-post facto study. The subject for this research are second grade science students. The results of normality test using Kolmogorov-Smirnov obtained normal distributed data. The results of homogenity test using F test obtained is homogeneous. Hypothesis test using t test is obtained that tcount> ttable at α = 0,05, then reject H0 which mean there is difference student’s adversity who have strong motivation with student’s adversity who have weak motivation. Scores of student’s adversity who have stronger motivation higher than the score of student’s adversity who have weak motivation. Therefore, based on the average difference obtained, strong motivation is suspected to have a greater influence on student’s adversity than weak motivation.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Prof. Dr. I Made Putrawan 2) Dr. Diana Vivanti Sigit, M.Si |
Subjects: | Sains > Ilmu Bumi > Biologi |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 28 Mar 2022 03:41 |
Last Modified: | 24 Aug 2022 01:54 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25436 |
Actions (login required)
View Item |