HUBUNGAN SELF ESTEEM DAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI

ATTAKI NURULHUDA FEBRIANTI, . (2017) HUBUNGAN SELF ESTEEM DAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI_ATTAKI NURULHUDA FEBRIANTI_3415133063.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hasil belajar biologi merupakan kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajar biologi. Hasil belajar biologi diduga berhubungan dengan self esteem dan kemampuan membaca pemahaman. Self esteem merupakan penilaian individu terhadap dirinya sendiri, sedangkan kemampuan membaca pemahaman adalah kemampuan untuk memahami suatu ide pokok dalam suatu bacaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self esteem dan kemampuan membaca pemahaman dengan hasil belajar biologi. Penelitian ini dilakukan pada semester II 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan studi korelasional. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Multistage Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 79 siswa SMA Labschool Kebayoran. Uji Prasyarat menunjukkan data berdistribusi normal dan homogen. Melalui pengujian hipotesis pertama didapatkan persamaan Ŷ = 17,240 + 0,750X1. Koefisien korelasi yang diperoleh adalah sebesar 0,736 yang berarti terdapat hubungan yang kuat. Melalui pengujian hipotesis kedua didapatkan persamaan Ŷ = 10,735 + 0,843X2. Koefisien korelasi yang diperoleh adalah sebesar 0,858 yang berarti terdapat hubungan yang sangat kuat. Melalui pengujian hipotesis yang ketiga didapatkan persamaan Ŷ = 3,498 + 0,304X1.+ 0,649X2. Koefisien korelasi yang diperoleh adalah sebesar 0,887 yang berarti terdapat hubungan yang sangat kuat. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara self esteem dan kemampuan membaca pemahaman dengan hasil belajar biologi siswa SMA. Biology learning outcome is a skill assessed by students after receiving experience in biology learning. Result of biology learning is connected with self-esteem and reading and understanding skills. Self-esteem is individual self-assessment, while reading and understanding skills are abilities for understanding main idea of particular text. This research aims to correlate relation between self-esteem and reading and understanding skills with result of biology learning. This research is conducted on semester II 2016/2017. The method used for this research is descriptive qualitative with correlational study. Collecting sampling procedure used for this research is multistage sampling with 79 students of Labschool Kebayoran Senior High School as the sample. With precondition test, result shows data distributes normally and homogen. First hypothesis obtains equation Ŷ = 17,240 + 0,750X1. Correlation coefficient obtains 0,736 showing strong relation. Second hypothesis obtains equation Ŷ = 10,735 + 0,843X2. Correlation coefficient obtains 0,858 showing strong relation. Third hypothesis obtains equation Ŷ = 3,498 + 0,304X1.+ 0,649X2. Correlation coefficient obtains 0,887 showing strong relation. This research shows positive relationship between self-esteem and reading comprehension skills with High School students’ biology learning outcome.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Diana Vivanti S., M.Si. 2) Ade Suryanda, S.Pd., M.Si
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 28 Mar 2022 03:47
Last Modified: 28 Mar 2022 03:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25438

Actions (login required)

View Item View Item