PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN PENGETAHUAN “KAJIAN FISIS PERISTIWA PELANGI” SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK SISWA SMA

ATIKAH AMALIA WIDIANTORO, . (2017) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN PENGETAHUAN “KAJIAN FISIS PERISTIWA PELANGI” SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK SISWA SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi_Atikah Amalia W_3215126541.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku pengayaan pengetahuan yang mencakup materi cahaya tampak untuk fenomena gelombang elektromagnetik di kelas XII berdasarkan KD 3.7 yaitu, Mengevaluasi pemikiran dirinya tentang radiasi elektromagnetik, pemanfaatannya dalam tekhnologi, dan dampaknya pada kehidupan. Metode yang dipakai dalam penelitian ini merupakan Reasearch and Development yang mengacu kepada pendapat Dick and Carey. Penelitian ini sudah diawali dengan studi pendahuluan di beberapa SMA di Jakarta, survey di beberapa toko buku dan Pusat Kurikulum dan Perbukuan. Hasil survey yang didapatkan dari PusKurBuk adalah informasi tentang indikator standar mutu buku pengayaan pengetahuan yang telah ditetapkan sebagai acuan, yaitu: kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa, dan kelayakan grafika. Hasil uji kelayakan dari ahli materi sebesar 81,6% dengan interpretasi “Sangat layak”, ahli media sebesar 85,16% dengan interpretasi “Sangat layak”, ahli pembelajaran sebesar 96,6% dengan interpretasi “Sangat layak” dan ahli grafika sebesar 79% dengan interpretasi “layak”. Berdasarkan uji kelayakan, buku pengayaan pengetahuan “Kajian Fisis Peristiwa Pelangi” dinyatakan layak digunakan sebagai buku pengayaan. This study aims to develop a book of knowledge enrichment that includes visible light material for the phenomenon of electromagnetic waves in class XII based on KD 3.7 is, Evaluating his thinking about electromagnetic radiation, its use in technology, and its impact on life. The method used in this research is Reasearch and Development which refers to the opinion of Dick and Carey. This research has begun with preliminary studies in several high schools in Jakarta, surveys in several bookstores and the Curriculum and Book Center. The survey results obtained from PusKurBuk are information about quality standard indicator of knowledge enrichment book which has been specified as reference, that is: content feasibility, feasibility of presentation, language feasibility, and feasibility of graphic. The result of the feasibility test of the material expert is 81,6% with the interpretation of "Very Good", media expert equal to 85,16% with the interpretation "Very Good", 96,6% study expert with interpretation "Very Good" and graphicist equal to 79 % With "Good" interpretation. Based on the feasibility test, the book on the "Physical Events of Rainbow Dissemination" study is declared eligible to be used as an enrichment book.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr.Desnita,M.Si 2) Drs.A.Handjoko Permana,M.Si
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 28 Mar 2022 03:51
Last Modified: 28 Mar 2022 03:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25439

Actions (login required)

View Item View Item