ASRI DAMAYANTI, . (2017) DESIGN RESEARCH: MEMBANGUN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA TERHADAP TRANSFORMASI GEOMETRI MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) DI KELAS VII SMP DARUSSA’ADAH JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
0. ABSTRACT.pdf Download (152kB) |
|
Text
0. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (277kB) |
|
Text
0. LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf Download (325kB) |
|
Text
1. COVER.pdf Download (176kB) |
|
Text
3. KATA PENGANTAR.pdf Download (236kB) |
|
Text
0. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (321kB) |
|
Text
5. DAFTAR TABEL.pdf Download (161kB) |
|
Text
6. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (174kB) |
|
Text
7. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (88kB) |
|
Text
4. DAFTAR ISI.pdf Download (94kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Download (822kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Download (236kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (306kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (186kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Download (18MB) |
|
Text
15. RIWAYAT HIDUP.pdf Download (64kB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Download (327kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (173kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan teori lokal pembelajaran matematika dengan menggunakan kegiatan yang berhubungan dengan penerapan pendekatan PMRI untuk mengembangkan pemahaman konsep matematis siswa mengenai translasi dan rotasi pada pokok bahasan transformasi geometri di kelas VII semester II SMP Darussa’adah Jakarta. Pemahaman konsep yang ingin dicapai memiliki beberapa indikator yaitu, menyatakan ulang sebuah konsep, mengklasifikasikan objek-objek menurut sifat-sifat tertentu (sesuai dengan konsepnya), memberi contoh dan non contoh dari konsep, menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis, mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup dari konsep, menggunakan prosedur atau operasi tertentu, dan mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian desain (design research) yang didesain melalui tiga tahap, yaitu tahapan perancangan desain awal, pengujian desain melalui pembelajaran awal dan pembelajaran eksperimental, dan tahap analisis retrospektif. Dalam penelitian ini, Hipotesis Lintasan Belajar (HLB) berperan penting sebagai desain pembelajaran sekaligus instrumen penelitian. HLB diujikan terhadap 30 siswa kelas VII. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, pengamatan, dan catatan lapangan. Melalui konteks “Perjalanan Rio” yang ada pada keseharian siswa yaitu perjalanan ke sekolah dan pulang sekolah yang dapat siswa bayangkan sehingga siswa mudah memahami konteks yang diberikan. Siswa dapat mengembangkan model dari konteks yang diberikan sesuai dengan karakteristik PMRI. Pemahaman siswa mencapai penemuan rumus translasi dan rotasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain pembelajaran yang diterapkan mampu menstimulasi siswa untuk membangun pemahaman konsep pada transformasi geometri terutama translasi dan rotasi. This study aims to develop local theories of mathematics learning by using activities related to the application of PMRI approach to develop students' mathematical concepts of translation and rotation on the subject of geometry transformation in the second semester class of Darussa'adah Junior High School Jakarta. Conceptual understandings to be achieved has several indicators that are, re-states a concept, classifies objects according to certain traits (in accordance with the concept), gives examples and non-examples from concepts, presents concepts in various forms of mathematical representation, develops necessary or Sufficient terms of the concept, using certain procedures or operations, and applying the concept or problem-solving algorithm. This research uses design research method which is designed through three stages, namely design early design stage, design testing through initial learning and experimental learning, and retrospective analysis stage. In this study, Hypothesis Trajectory Learning (HLT) plays an important role as a learning design as well as research instruments. HLT is tested against 30 students of class VII. Data were collected using interview, observation, and field notes. Through the context of "Rio’s Trip" that exist in the students daily life is a trip to school and home school that students can imagine so that students can easily understand the given context. Students can develop models from the given context according to PMRI characteristics. The student's understanding reaches the invention of the translation and rotation formulas. The results showed that the design of applied learning is able to stimulate students to build conceptual understanding on geometry transformation especially translation and rotation.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Anton Noornia, M.Pd 2) Aris Hadiyan Wijaksana, M.Pd |
Subjects: | Sains > Matematika |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 28 Mar 2022 06:27 |
Last Modified: | 28 Mar 2022 06:27 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25452 |
Actions (login required)
View Item |