PARTISIPASI POLITIK DALAM DEMOKRASI DI ERA DIGITAL (Studi Pada Website Change.org Indonesia Sebagai Platform Petisi Online)

BAYU PUTRO WIBOWO, . (2017) PARTISIPASI POLITIK DALAM DEMOKRASI DI ERA DIGITAL (Studi Pada Website Change.org Indonesia Sebagai Platform Petisi Online). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI SIAP BURNING.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui keterkaitan antara Change.org Indonesia sebagai sebuah platform petisi online yang mampu memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk dapat berkontribusi dalam sebuah petisi online sebagai bentuk partisipasi politik dalam demokrasi era digital. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode studi kasus, melalui pendekatan kualitatif analisis deskriptif, penelitian ini mencoba melihat bagaiamaana penggunaan pembuatan petisi yang dilakukan para pengguna Change.org sebagai sebuah media digital ditengah kemajuan teknologi mampu memberikan peningkatan partisipasi politik dan mengakomodir hak-hak mereka sebagai warga negara di dalam demokrasi. Penelitian ini di dapatkan bagaiamana hadirnya demokrasi digital sebagai sebuah demokrasi model baru dengan memanfaatkan teknologi mampu memberikan kemudahan kepada masyrakat untuk dapat berkontribusi dalam praktik demokrasi. Hadirnya Change.org Indonesia sebagai platform petisi online yang memberikan kemudahan keikutsertaan masyarakat untuk dapat berpartisipasi melalui pembuatan petisi dan mampu memberikan kebermanfaatan penyebaran informasi yang luas melalui penggunaan Change.org. Penyampaian aspirasi, penyebaran informasi serta pemakaian teknologi diatur dalam sebuah Uundang-Undang Dasar 1945 Pasal 28 ( E & F ) mengenai kebebasan berpendapat serta UU ITE No.11 tahun 2008. Kehadiran Change.org Indonesia serta adanya payung hukum yang kuat dalam kebebasan berpendapat bagi warga negara mampu mengakomodir hak-hak warga negara dalam peningkatan partisipasi masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Robertus Robet, MA 2) Syaifudin M.Kesos
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Sosiologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 28 Mar 2022 06:36
Last Modified: 28 Mar 2022 06:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25456

Actions (login required)

View Item View Item