LAILA RAHMAWATI APRILIA, . (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BEBASIS CASE BASED LEARNING (CBL) PADA MATA KULIAH MEKANIKA TEKNIK 1 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (775kB) |
|
Text
12. BAB I.pdf Download (169kB) |
|
Text
13. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (416kB) | Request a copy |
|
Text
14. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) | Request a copy |
|
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (537kB) | Request a copy |
|
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (85kB) | Request a copy |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (236kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Laila Rahmawati Aprilia. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Bebasis Case Based Learning (CBL) Pada Mata Kuliah Mekanika Teknik 1 (Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta). Skripsi, Program Stdi Pendidikan Teknik Bangunan, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Univeristas Negeri Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran sebagai media pembelajaran pendukung pada mata kuliah Mekanika Teknik I di program studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta baik di kelas mengulang maupun di kelas umum. Model pembelajaran yang digunakan adalah Case Based Learning (CBL), dengan format penyajian berbentuk video pembelajaran yang dilengkapi dengan video animasi, tugas, Tugas Besar, soal UTS dan UAS yang dikemas dalam satu perangkat media pembelajaran, sehingga dapat menjadi media pembelajaran mandiri bagi mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan 4D oleh Thiagarajan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan sangat layak oleh ahli media berdasarkan Aspek kebahasaan sebesar 93%, aspek rekayasa perangkat lunak sebesar 81%, dan aspek tampilan visual dan audio sebesar 85% dengan rerata skor persentase sebesar 84%. Sedangkan, hasil penilaian oleh validator materi terhadap video pembelajaran yang dikembangkan menyatakan bahwa produk yang dikembangkan sangat layak berdasarkan aspek kebahasaan dengan persentase sebesar 91%, aspek standar isi dengan persentase sebesar 89%, dan aspek pembelajaran dengan persentase sebesar 90% dengan skor rerata penilaian adalah sebesar 90%. Hasil penilaian yang diberikan pengguna terhadap video pembelajaran sebesar 96% dengan kategori sangat baik. Kata Kunci: Video Pembelajaran, Case Based Learning, Mekanika Teknik Laila Rahmawati Aprilia. (2022). Development of Case Based Learning (CBL) Learning Video in Engineering Mechanics Course I (Engineering Education Program Faculty of Engineering State University of Jakarta). Thesis: Building Engineering Education, Majoring in Civil Education, Faculty of Engineering State University of Jakarta. This study aims to develop video learning as a supportive learning medium in the Engineering Mechanics Course I in the Building Engineering Education Program Faculty of Engineering Jakarta State University both in repeating classes and in general classes. The learning model used is Case Based Learning (CBL) with a video-shaped presentation format equipped with animation videos, tasks, large task, midterms and end-of term exam packaged in one learning media device, so it can be self learning tools for collage students. The method used in this study is Research and Development with a 4D development model by Thiagarajan. The data collection techniques using questioners and interviews. The results of the study show that the developed video learning product is highly feasible by media validators based on aspect of opacitywith a percentage of 93%, aspect of software engineering with a percentage of 81%, and aspect of visual and audio display with percentage of 85% with an average percentage score is 84%. Whereas the result of the assessment by materials validators on developed learning videos stated that the developed product is highly feasible based on the aspect of opacity with a percentage of 91%, the aspect of standard content with a percentage of 89%, and the aspect of learning with a percentage of 90% with an average percetage score is 90%. User provided assessment result on learning videos is 96% with excellent categories. Keywoards: Video Learning, Case Based Learning, Engineering Mechanics.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Sittati Musalamah, MT 2). M. Agphin Ramadhan, M. Pd |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Media Pembelajaran Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Sipil Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Users 13943 not found. |
Date Deposited: | 31 Mar 2022 05:49 |
Last Modified: | 31 Mar 2022 05:49 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25473 |
Actions (login required)
View Item |