ARDINA DWI YANI INAYAH, . (2016) HUBUNGAN PEMAHAMAN NATURE OF SCIENCE DENGAN PENERIMAAN TEORI EVOLUSI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI DI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
Hubungan Pemahaman Nature of Science dengan Penerimaan Teori Evolusi pada Mahasiswa Pendidikan Bi.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Teori evolusi memiliki peran penting dalam biologi dan sering disebut sebagai “unifying concept”. Oleh karena itu mempelajari evolusi merupakan hal yang penting, khususnya untuk mahasiswa biologi. Namun sebagian masyarakat umum masih belum meyakini akan kebenaran teori evolusi dan belum menganggap teori evolusi sebagai teori ilmiah yang valid. Pemahaman yang benar terhadap Nature of Science diyakini dapat membantu individu untuk mengkaji asal-usul suatu ilmu, termasuk evolusi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pemahaman Nature of Science dengan penerimaan teori evolusi pada mahasiswa pendidikan biologi di Jakarta. Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2015 – Mei 2016, pengambilan sampel dilakukan menggunakan simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 mahasiswa pendidikan biologi. Metode penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif melalui studi korelasional. Data diperoleh melalui instrumen tes pemahaman Nature of Science dan kuesioner penerimaan teori evolusi. Hipotesis penelitian diuji menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment pada α = 0.05. Hasil menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Koefisien korelasi yang diperoleh adalah 0,189 pada persamaan Ŷ = 63.686 + 0.1144X, yang berarti terdapat hubungan positif antara pengetahuan Nature of Science dengan penerimaan teori evolusi pada mahasiswa pendidikan biologi di Jakarta. ***** Theory of evolution has an important role in biology and often called as “unifying concept”. Therefore studying evolution is an important thing, especially for biology students. But some people still have not believe with the truth of evolution and still do not consider that theory of evolution as a valid scientific theory. A good understanding in Nature of Science was believed can help someone to examines the origins of sciences, includes evolution. The aim of the research was to identify the correlation between understanding Nature of Science and acceptance of the theory of evolution on biology students in Jakarta. This research was conducted in biology education study program of UNJ, UHAMKA, and UKI on December 2015 until May 2016, sampling was done by simple random sampling used 100 biology education students. This research used quantitative method through correlational study. Data was collected by an understanding Nature of Science test and questionnaire of acceptance of the theory of evolution. Research hypothesis tested by Pearson Product Moment correlation with α=0,05. The result showed data was normal and homogeneous. Coefficient of correlation was 0,189 on equation = 63.686 + 0.1144X, it means that there was positive correlation between understanding Nature of Science and acceptance of theory of evolution on biology students in Jakarta.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Refirman DJ. M ; 2). Agung Sedayu, S.Si, M.Sc |
Subjects: | Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 30 Mar 2022 00:54 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 02:48 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25492 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |