PENGARUH TEKNIK BIBLIOTERAPI UNTUK MENGUBAH KONSEP DIRI SISWA (Studi Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tangerang)

ARDO TRIHANTORO, . (2016) PENGARUH TEKNIK BIBLIOTERAPI UNTUK MENGUBAH KONSEP DIRI SISWA (Studi Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tangerang). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. SKRIPSI.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep diri siswa sebelum dan sesudah penerapan teknik biblioterapi dan mengetahui pengaruh teknik biblioterapi untuk mengubah konsep diri siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Tangerang pada bulan November 2015. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Penelitian menggunakan sampel sebanyak 12 orang siswa dan penggunaan teknik biblioterapi dalam bentuk kelompok. Pengukuran pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan instrumen yang dikembangkan berdasarkan teori konsep diri sebanyak 59 item pernyataan yang valid dan memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0.917 yang berarti bahwa instrumen tersebut layak dan dapat dipergunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan Mann Whitney U-Test diperoleh hasil nilai asymp. Sig = 0.037. Hipotesis penelitian diuji pada taraf signifikansi α = 0.05 atau dengan tingkat kesalahan sebesar 5%, maka nilai Asymp. Sig = 0.037 < nilai signifikansi α = 0.05. Dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hal tersebut memiliki arti bahwa terjadi perubahan pada konsep diri responden kelompok eksperimen setelah diberikan biblioterapi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, teknik biblioterapi berpengaruh positif terhadap perubahan konsep diri siswa. Biblioterapi dapat diterapkan oleh guru bimbingan dan konseling di sekolah sebagai satu bentuk alternatif penanganan bagi siswa yang memiliki konsep diri negatif. This research aims to determine self-concept of student before and after treatment with bibliotherapy and determine the effect of bibliotherapy techniques to change self-concept of student. This research was conducted in the SMP 2 Tangerang in November 2015. This research used the Quasi Experimental method in the form of Nonequivalent Control Group Design. This research used twelve students as sample and the use of bibliotherapy techniques in the group activity. Measurements in the research was adapted from self-concept theory there has 59 valid items and 0.917 coeficient reliability that means the inventory suitable to used for this research. Based on the results of hypothesis testing using Mann Whitney U-Test, the results obtained asymp value. Sig = 0.037. The research hypothesis were tested at the significance level α = 0.05 level or with an error rate 5%, then the value Asymp Sig = 0.037 < α significace value 0.05. It can be concluded that H0 is rejected and H1 is accepted. This means that there is an increase on selfconcept after respondent in eksperiment group was given a bibliotherapy techniques. Based on the research that has done, using the bibliotherapy has positive influence to change student’s self-concept. Bibliotherapy in group setting is one alternative treatment that can be applied by school counselor to deal with students who have negative self-concept.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Dede Rahmat Hidayat, M.Psi 2). Dra. Indira Chanum, M.Psi
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 30 Mar 2022 00:59
Last Modified: 30 Mar 2022 00:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25493

Actions (login required)

View Item View Item