ARIF SUGIARTO ATMOJO, . (2016) BUDAYA SEKOLAH DAN PROGRAM KEWIRAUSAHAAN DI SMK NEGERI 27 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
4. Lembar Surat Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf Download (260kB) |
|
Text
1. Lembar Judul.pdf Download (24kB) |
|
Text
5. Lembar Kata Pengantar.pdf Download (138kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (283kB) |
|
Text
3. Lembar Abstrak.pdf Download (115kB) |
|
Text
6. Lembar Daftar Isi.pdf Download (92kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Download (291kB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Download (156kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (264kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Download (230kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Download (478kB) |
|
Text
13. Daftar Pustaka.pdf Download (144kB) |
|
Text
16. Daftar Lampiran Data.pdf Download (3MB) |
|
Text
15. Daftar Riwayat Hidup.pdf Download (124kB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 27 Jakarta, yang bertujuan untuk mengetahui dan memperoleh gambaran mengenai Budaya Sekolah dan Program Kewirausahaan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2016 hingga Juli 2016. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskripsi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini yaitu Wakil Kepala Sekolah Bidang HUMAS dan beberapa informan pendukung yaitu Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Guru Prakarya & Kewirausahaan, Penanggung Jawab Student Company, dan Peserta Didik Student Company. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa SMK Negeri 27 Jakarta menerapkan budaya sekolah dengan melakukan pembiasan-pembiasaan dan penanaman nilai-nilai budaya agar para peserta didik memiliki karakter yang kuat semua itu dilakukan untuk tetap mempertahankan kualitas sekolah. Dampak yang ditimbulkan dari implementasi budaya sekolah yaitu sekolah tetap bertahan dalam persaingan global. Program Kewirausahaan yang dilakukan di SMK Negeri 27 yaitu gebyar kewirausahaan, business center dan student company yang bertujuan untuk menggali dan mengembangkan potensi, kemampuan, keterampilan dan kreativitas peserta didik dalam mencapai tujuan sekolah yang sesuai dengan visi & misi sekolah. Dengan adanya nilai-nilai budaya yang dibangun sekolah dapat mendukung progam kewirausahaan dan memudahkan dalam mencapai tujuan sekolah agar menjadi sekolah yang mandiri dan berdaya saing tinggi. Impilkasi dari penelitian ini adalah sekolah diberikan wewenang untuk mengatur dan mengelola sekolahnya secara mandiri. SMK memiliki peranan penting dalam pengembangan diri dan pembentukan karakter peserta didik dalam melakukan kegiatan kewirausahaan. Salah satu kekuatan efektif dalam pengelolaan sekolah adalah menerapkan budaya sekolah dan mengembangkan program kewirausahaan sekolah. That held at SMK Negeri 27 aims to find out and gather a description about School Culture And Entrepreneurship Program.This Research been done at Match 2016 until July 2016. Approaches that used in this research is qualitative approach with description method. Data gathering is done through interviews, observations, and documentation studies. Data source for this research is Vice Principal for Public Relation and few informant that is Vice Principal for School Curriculum, Crafts and Entrepreneurship teacher, Teacher for Student Company, and student company students. According to the result of the study and data analysis, can be concluded that SMK Negeri 27 Jakarta implement school culture by performing refraction habituation and cultivation of cultural values that the learners have strong character to keep the school quality. The result of keeping the school quality is to keep up with global competition. Entrepreneurship Programs that done in SMK Negeri 27 are: Gebyar Kewirausahaan, Business Center, Student Company that aim to find student’s potential, ability, skill, and creativity to reach the school’s goal that correspond to school’s vision and mission. The relevance of building school’s culture through entrepreneurship program is closely linked because there are culture values that build by school can support entrepreneurship program and to ease the school’s goal reach. Implication of this research is school is given the authority for manage the school independently. SMK have important role in self development and character building of the student at doing entrepreneurship. One of the effective strength in school’s management is implement school’s culture and developing school entrepreneurship program.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Madhakomala, M.Pd 2). Dr. Eliana Sari, M.M |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Khusus |
Divisions: | FIP > S1 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 30 Mar 2022 01:21 |
Last Modified: | 30 Mar 2022 01:21 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25498 |
Actions (login required)
View Item |