PENGEMBANGAN SET PRAKTIKUM PEMBIASAN CAHAYA UNTUK PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA

ARUM SRI RAHAYU, . (2016) PENGEMBANGAN SET PRAKTIKUM PEMBIASAN CAHAYA UNTUK PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Riwayat hidup.pdf

Download (126kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan set praktikum fisika SMA pada sub materi pembiasan cahaya. Hasil ujicoba set praktikum mampu menunjukkan berkas sinar yang berbelok ketika melewati dua medium yang berbeda, dan mampu menunjukkan besar simpangan sinar yang berbelok yang dapat digunakan untuk menentukan indeks bias medium yang dilalui sinar tersebut dengan menggunakan persamaan Snellius. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian pengembangan R&D (Research and Development) model Borg dan Gall, dengan empat tahap pengembangan, yaitu: 1. studi pendahuluan, 2. pengembangan produk, 3. validasi dan revisi produk, 4. uji coba produk. Penelitian dilakukan pada bulan januari-mei 2016 di Laboratorium Fisika FMIPA, Universitas Negeri Jakarta. Adapun responden penelitian ini adalah responden ahli (expert review) dan responden uji lapangan (field test). Instrumen uji coba berupa angket rating scale dengan teknik analisis data yang digunakan menggunakan perhitungan skala Likert dengan pilihan skor 1-4. Diperoleh hasil uji validasi, dengan hasil pencapaian menurut ahli materi sebesar 95,01%, menurut ahli media pencapaian sebesar 94,14%, dan 88,45% menurut guru fisika SMA/MA sehingga hasil validasi tergolong dalam kategori sangat baik (SB). Hasil uji coba terhadap peserta didik menunjukkan presentase pencapaian sebesar 80,58% dari 2 aspek penilaian terhadap set praktikum yang dikembangkan. Dengan demikian dapat disimpulkan pengembangan set praktikum pembiasan cahaya layak digunakan sebagai media pendukung pembelajaran fisika di SMA. This research is aimed to develop a set refraction of light for senior high school students. The results of the study showed the bent ray that pass through two different mediums and the angle deviation of light that used for determining the index refractions which passed by light using the Snellius’s equation. The method of the research is R & D (Research and Development) of Borg and Gall which is limited to four developmental stages: 1. Preliminary study, 2. Product development, 3. Validation and Product Revision, 4. Products trials. This research was conducted from January to May 2016 in FMIPA’s Physics Laboratory of State University of Jakarta. The respondents of this research are the expert review and field test. Instrument of this research is rating scale questionnaire that used data analysis techniques of Likert scale calculations with score 1-4. This set refraction of light has been through a validation test according to the lecturer of physics is 95,01%, according to the lecturer of education is 94,14%, and according to physics teacher is 88,45%. It can be categorized into very good research. The result of the product trial to the students showed a high score of 80.58% from two aspects of assessment towards developmental set of refraction. Based on this research, it can be summarized that the development of set refraction is useful for material physics at senior high school.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Raihanati, M.Pd 2) Dr. Vina Serevina
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 30 Mar 2022 02:05
Last Modified: 30 Mar 2022 02:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25506

Actions (login required)

View Item View Item