MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BICARA MELALUI KEGIATAN BERCERITA

ASMUNIH, . (2017) MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BICARA MELALUI KEGIATAN BERCERITA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ASMUNIH 1615128648.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui tentang bagaimana mengembangkan kemampuan bicara melalui kegiatan bercerita. Sebelum anak dapat berkomunikasi dengan aktif, berawal dari kemampuan anak dalam menyimak suatu kata dan kalimat yang kemudian diungkapkan secara lancar dengan bahasa lisan (bicara). Artikulasi yang tepat sangat penting untuk digunakan dalam bicara agar makna yang disampaikan kepada orang lain akan mudah untuk dipahami. Bicarapun dapat menimbulkan suatu komunikasi yang baik dan efektif. Kegiatan bercerita dapat mengembangkan kemampuan bicara anak, karena dengan bercerita anak akan mendengarkan dengan baik sebuah cerita dan akan menerima banyak kosakata baru sehingga dapat memudahkan anak untuk berkomunikasi secara lisan kepada orang lain dan dapat memberikan hubungan kedekatan antara guru dengan anak maupun anak dengan anak, sehingga dengan mudah terjalin sebuah komunikasi yang efektif sehingga pesan yang disampaikanpun dapat dipahami dengan mudah oleh orang yang mendengarkan. Implikasi hasil dari kajian ini adalah dengan menggunakan kegiatan bercerita yang dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif kegiatan pembelajaran dalam mengembangkan bicara anak sehingga kebutuhan dan keinginan anak dapat dimengerti oleh orang lain. Dalam kegiatan bercerita ini hendaknya guru dapat mengerti dan memahami perkembangan bicara anak. Kegiatan bercerita dalam proses pembelajaran dapat mengembangkan berbagai kemampuan yang ada pada anak, terutama kemampuan bicara. This study aims to describe and learn about how to develop the ability to speak through storytelling. Before the child can communicate with active, started from a child's ability to listen to a word and a sentence which is then disclosed seamlessly with oral language (speech). Articulation is very important to use in speech so that the meaning is conveyed to others will be easy to understand. Talk can lead to a good and effective communication. Storytelling can develop the ability to talk to the child, because by telling the child will listen with a good story and will receive a lot of new vocabulary so as to facilitate the child to communicate verbally to others and can provide close relationship between teachers and children as well as children with child, so that easily established an effective communication so that the message conveyed can be understood easily by those who listen. Implications of the results of this study is to use storytelling that can be used as an alternative learning activity in developing a child's speech so that the needs and wishes of children can be understood by others. In this storytelling activities teachers should be able to know and understand the child's speech development. Storytelling in the learning process can develop existing skills in children, especially the ability to speak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sri wulan, M.Si 2). Dr. Sri Martini Meilanie, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 30 Mar 2022 02:27
Last Modified: 30 Mar 2022 02:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25513

Actions (login required)

View Item View Item