ANNISA RAMALIKA HANANI, . (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE PADA POKOK BAHASAN SPLDV DI KELAS VIII-4 SMP NEGERI 121 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
ABSTRAK.pdf Download (87kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (362kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (466kB) |
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (111kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (4MB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (285kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (159kB) |
|
Text
BIODATA PENULIS.pdf Download (257kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (92kB) |
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (96kB) |
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (87kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (160kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (237kB) |
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf Download (293kB) |
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (88kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (20kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TTW pada pokok bahasan SPLDV dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Berdasarkan hasil observasi di kelas VIII-4 dan tes awal kemampuan komunikasi matematis di kelas IX-5 SMP Negeri 121 Jakarta, disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa berada dalam kategori rendah, sehingga perlu ditingkatkan. Model pembelajaran kooperatif tipe TTW dapat dijadikan alternatif pelaksanaan pembelajaran matematika di kelas. Model pembelajaran kooperatif tipe TTW terdiri dari tiga tahap utama, yaitu tink (berpikir), talk (berbicara), dan write (menulis). Masing-masing tahapan model pembelajaran ini dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe TTW di kelas VIII-4 SMP Negeri 121 Jakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, analisis, dan refleksi. Pada setiap siklus, kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TTW. Siswa diberikan tes di setiap akhir siklus untuk mengukur kemapuan komunikasi matematis. Waktu pelaksanaan penelitian berlangsung dari bulan Februari sampai Oktober 2016 di kelas VIII-4 SMP Negeri 121 Jakarta tahun pelajaran 2015-2016 dan 2016-2017. Siswa di kelas VIII-4 berjumlah 36 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan model kooperatif tipe TTW dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Hal tersebut ditunjukkan melalui peningkatan nilai rata-rata tes kemampuan komunikasi matematis siswa selama tiga siklus. Persentase nilai rata-rata tes kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IX-5 SMP Negeri 121 Jakarta pada prapenelitian berada dalam kategori rendah, yaitu 18,29%, pada siklus I di kelas VIII-4 berada dalam kategori sedang, yaitu 45,43%, pada siklus II berada dalam kategori sedang, yaitu 59,77%, pada siklus III berada di kategori tinggi, yaitu 75,44%. Persentase jumlah siswa yang mencapai atau melebihi KKM juga mengalami peningkatan. Pada prapenelitian, tidak ada siswa yang mencapai nilai 73. Pada siklus I, sebesar 2,86% dari seluruh siswa kelas VIII-4 telah mencapai atau melebihi KKM, pada siklus II meningkat menjadi 20%, dan pada siklus III meningkat menjadi 77,78%. This study aims to determine how the implementation of cooperative learning model TTW on the subject SPLDV can improve students' mathematical communication. skills. Based on observations in class VIII-4 and an early test of mathematical communication skills in classes IX-5 SMP Negeri 121 Jakarta, concluded that students' mathematical communication skills are in the low category, so it needs to be improved. TTW cooperative learning model is an alternative implementation of the learning of mathematics in the classroom. TTW cooperative learning model consists of three main stages, namely tink (thinking), talk (talk), and write (write). Each stage of this learning model can improve students' mathematical communication skills in learning activities. This study aims to improve students' mathematical communication skills through cooperative learning model TTW in class VIII-4 SMP Negeri 121 Jakarta. This type of research is a classroom action research conducted in three cycles. Each cycle consists of four phases: planning, implementation, analysis, and reflection. At each cycle, the learning activities carried out by implementing cooperative learning model TTW. Students are given a test at the end of each cycle to measure Traffic mathematical communication. The timing of the studies lasted from February to October 2016 in the 4th grade VIII SMP Negeri 121 Jakarta in academic year 2015-2016 and 2016-2017. Students in class VIII-4 amounted to 36 people. The results showed that the learning of mathematics using cooperative TTW models can improve student’s mathematical communication skills. This is shown by the increase in the average value of students' mathematical communication ability test for three cycles. The percentage of the average value of mathematical communication ability test students in grade IX-5 SMP Negeri 121 Jakarta on prapenelitian are in the low category, ie 18.29%, in the first cycle in class VIII-4 in a category is, ie 45.43%, in the second cycle in a category is, ie 59.77%, in the third cycle is in the high category, ie 75.44%. The percentage of students who achieve or exceed KKM also increased. In prapenelitian, no student who reaches 73. In the first cycle, amounting to 2.86% of all students in grade VIII-4 has reached or exceeded KKM, on the second cycle increased to 20%, and the third cycle increased to 77.78 %.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Anton Noornia, M.Pd 2) Dr. Lukman El Hakim, M.Pd |
Subjects: | Sains > Matematika |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 30 Mar 2022 02:53 |
Last Modified: | 30 Mar 2022 02:53 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25522 |
Actions (login required)
View Item |