PENERAPAN PENDEKATAN SOCIO-CRITICAL DAN PROBLEMORIENTED DENGAN METODE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENGEMBANGKAN SOFT SKILLS SISWA PADA MATERI REAKSI OKSIDASI DAN REDUKSI

ANITAH, . (2017) PENERAPAN PENDEKATAN SOCIO-CRITICAL DAN PROBLEMORIENTED DENGAN METODE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENGEMBANGKAN SOFT SKILLS SISWA PADA MATERI REAKSI OKSIDASI DAN REDUKSI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ANITAH_3315130938_SKRIPSI .pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implikasi pendekatan Sociocritical dan Problem-oriented dengan metode Think Pair Share (TPS) terhadap soft skills siswa pada materi redoks. Pembelajaran menggunakan pendekatan socio-critical dan problem-oriented merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang dikembangkan oleh Marks & Eilks dengan mengangkat masalah dan isu-isu sosial dalam kehidupan sehari-hari. Isu yang digunakan adalah mengenai klorin pada air minum, minyak kelapa atau minyak kelapa sawit?, dan baterai litium kobalt pada hand phone. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 76 Jakarta pada Januari 2017. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 3. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi kelas, wawancara, reflektif jurnal siswa dan instrumen VLES (Values Learning Environment Survey)- Modified. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah trustworthiness (kepercayaan) dengan kriteria credibility (kredibilitas) melalui prolonged engagement, persistent observation, progressive subjectivity dan member checking. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan socio-critical dan problem-oriented dengan metode Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan motivasi dan kreativitas siswa dalam belajar kimia, membantu siswa berpikir kritis terhadap permasalahan kehidupan sehari-hari, siswa mampu mengemukakan pendapat, bekerja sama, bertanggung jawab, percaya diri, saling menghargai pendapat teman serta mampu merefleksikan isu-isu sosial yang diberikan. Kemampuan ini merupakan soft skills yang harus dimiliki siswa. This study aims to determine the implications of Socio-critical and Problem-oriented approach with Think Pair Share (TPS) method for students’ soft skills on redox material. Learning using a socio-critical and problem-oriented approach is one of the learning approaches developed by Marks & Eilks by raising issues and social issues in everyday life. Issues used are about chlorine in drinking water, coconut oil or palm oil ?, and cobalt lithium batteries in mobile phones. This research was conducted at SMAN 76 Jakarta in January 2017. The subjects of the study were the students of class X MIPA 3. The method used in this research is qualitative method. Data collection techniques include classroom observation, interviews, student journal reflective and VLES (Values Learning Environment Survey) -Modified instruments. Data analysis technique used is qualitative data analysis. Examination of the validity of data used is trustworthiness (trust) with the criteria of credibility (credibility) through prolonged engagement, persistent observation, progressive subjectivity and member checking. The results showed that learning using socio-critical and problem-oriented approach with Think Pair Share (TPS) method can improve students' motivation and creativity in learning chemistry, helping students to think critically about daily life problems, students can express their opinions, cooperate , Responsible, confident, mutual respect friends opinion and able to reflect social issues given. This ability is a soft skill that must be owned by students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Nurbaity, M.Si 2) Dr. Muktiningsih, M.Si
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 30 Mar 2022 03:29
Last Modified: 30 Mar 2022 03:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25530

Actions (login required)

View Item View Item