Pengembangan Buku Pengayaan Pengetahuan Fisika “Kamera” Untuk Siswa SMA

ANGGITA NUARYSA ARZEN, . (2017) Pengembangan Buku Pengayaan Pengetahuan Fisika “Kamera” Untuk Siswa SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI ANGGITA.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku pengayaan pengetahuan “Penerapan Konsep Fisis pada Kamera”. Buku ini ditujukan untuk siswa yang tuntas menguasai materi pelajaran fisika khususnya pada kompetensi dasar 3.11 Kelas XI yaitu menganalisis cara kerja alat optik menggunakan sifat pencerminan dan pembiasan cahaya oleh cermin dan lensa. Menerapkan metode penelitian pengembangan model Dick&Carey. Berdasarkan hasil survei analisis kebutuhan ke delapan sekolah, belum terdapat buku yang secara khusus membahas kajian fisis pada kamera. Sedangkan dua toko buku terkenal di Jakarta dan Pusat Kuirikulum dan Perbukuan (Puskurbuk) didapatkan informasi ada buku yang membahas kamera tetapi tidak seluruhnya. Dari hasil survey dapat disimpulkan bahwa buku pengayaan pengetahuan yang membahas tentang kamera belum tersebar merata. Mengacu pada hasil survei dan standar mutu, ditulis draft buku pengayaan pengetahuan yang membahas kamera dan konsep fisika pada kamera. Buku ditulis dengan bahasa komunikatif, gambar menarik, data serta info yang faktual. Berdasarkan hasil uji keterbacaan kepada siswa SMA diperoleh rerata skor komponen materi 83,3%, bahasa 85%, dan penyajian 80,6%. Skor 87,5% menyatakan buku dapat memotivasi siswa belajar dan skor 85% menyatakan buku dapat dijadikan sumber belajar. Keseluruhan hasil uji keterbacaan buku pengayaan pengetahuan “Penerapan Konsep Fisis pada Kamera” memperoleh interpretasi sangat baik. This research aims to develop knowledge enrichment book "Physical Application Concept on Camera". This book is intended for students who completed master the subject matter physics, especially on the basis of competence 3.11 Class XI to analyze the workings of optical devices using the properties of reflection and refraction of light by the mirrors and lenses. Applying research methods Borg and Gall model development. Based on the survey results of a needs analysis to eight schools, yet there is a book that specifically addresses the physical assessment on the camera. Meanwhile, two well-known bookstore in Jakarta and Pusat Kurikulum and Perbukuan (Puskurbuk) No information obtained books on camera but not entirely. From the survey it can be concluded that the book discusses the enrichment of the knowledge that the camera has not been spread evenly. Referring to the results of the survey and quality standards, written draft of the book discusses the enrichment of the knowledge of physics concepts on the camera and the camera. The book was written with the language communicative, attractive images, data and factual information. Based on the test results readability to high school students obtained a mean score of 83.3% of the material components, language 85%, and the presentation of 80.6%. Score 87.5% stated that the book can motivate students to learn and a score of 85% stated that the book can be used as a learning resource. Overall test results readability book knowledge enrichment "Application of Physical Concept on Camera" obtain excellent interpretation. Keywords book knowledge enrichment, optics, camera

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Desnita, M.Si 2) Drs. Andreas Handjoko Permana, M.Si
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 30 Mar 2022 05:39
Last Modified: 30 Mar 2022 05:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25538

Actions (login required)

View Item View Item