PENINGKATAN EMPATI SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PKn BERBASIS ACTIVE LEARNING TIPE ROLE MODELS (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SD Negeri Rawamangun 09 Pagi Jakarta Timur)

AULYA STUDYAWATI, . (2017) PENINGKATAN EMPATI SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PKn BERBASIS ACTIVE LEARNING TIPE ROLE MODELS (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SD Negeri Rawamangun 09 Pagi Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (9MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan Empati Siswa melalui Pembelajaran PKn Berbasis Active Learning tipe Role Models di kelas IV SDN Rawamangun 09 Pagi Jakarta Timur. Penelitian ini diadakan di SDN Rawamangun 09 Pagi Jakarta Timur. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV pada semester 1 tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 40 orang. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model spiral/siklus dari Stephen Kemmis dan Mc Taggart dengan dua tahap siklus yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan atau tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengambilan data melalui pengamatan atau observasi dan melakukan wawancara, serta pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi atau foto yang diambil pada saat proses belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan data yang diperoleh dari proses pembelajaran active learning tipe role models untuk tindakan guru siklus I adalah 77,50% dan siklus II 90%. Data yang diperoleh dari proses pembelajaran active learning tipe role models untuk tindakan siswa siklus I adalah 75% dan siklus II 87,50%. Adapun nilai empati siswa pada siklus I adalah 67,50% dan siklus II 90%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa empati siswa kelas IV SDN Rawamangun 09 Pagi Jakarta Timur dapat ditingkatkan melalui pembelajaran PKn berbasis active learning tipe role models. Implikasi hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran active learning tipe role models merupakan salah satu pembelajaran yang dapat meningkatkan empati siswa di kelas IV SDN Rawamangun 09 Pagi Jakarta Timur. The purpose of this research is to improve the students through Learning Empathy-Based Active Learning Civics type of Role Models in the fourth grade SDN 09 Pagi Rawamangun, East Jakarta. The research was conducted at SDN 09 Pagi Rawamangun, East Jakarta. The subjects were students of class IV in the first semester of the 2016/2017 academic year of 40 persons. This research method is by using action research spiral model / cycle of Stephen Kemmis and Mc Taggart with a two-stage cycle of planning, implementation or action, observation and reflection. Data collection techniques through observation or observation and interviews, as well as data collection by using documentation or photographs taken during the learning process. The results show that the data obtained from the learning process-type active learning role models for the teacher's behavior first cycle was 77.50% and the second cycle of 90%. Data obtained from the learning process-type active learning role models for the students act first cycle is 75% and cycle II 87.50%. The value of empathy of students in the first cycle was 67.50% and the second cycle of 90%. From the results of this study concluded that empathy fourth grade students of SDN 09 Pagi Rawamangun, East Jakarta can be enhanced through learningbased active learning civics-type role models. The implication of this research is that learning the type of active learning role models is one lesson that can increase the empathy of students in the fourth grade SDN 09 Pagi Rawamangun, East Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Nina Nurhasanah, M.Pd 2). Dra. Endang M. Kurnianti, M.Ed
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 30 Mar 2022 05:54
Last Modified: 30 Mar 2022 05:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25542

Actions (login required)

View Item View Item