EVALUASI KOMPETENSI PEDAGOGIK TENAGA PENDIDIK DI SEKOLAH POLISI WANITA

ANGGI SORAYA MURAT, . (2017) EVALUASI KOMPETENSI PEDAGOGIK TENAGA PENDIDIK DI SEKOLAH POLISI WANITA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ANGGI SORAYA MURAT_ 1215121099.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian evaluasi ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai penguasaan kompetensi pedagogik tenaga pendidik di Sepolwan. Evaluasi yang dilakukan dengan mengukur penguasaan tenaga pendidik dalam merencanakan pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran, dan melakukan penilaian. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Polisi Wanita yang berada di Jl. Ciputat Raya, No. 41, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Ranking Method. Model ini digunakan untuk melihat hasil penguasaan kompetensi pedagogik tenaga pendidik dari yang tertinggi hingga yang terendah. Penelitian ini mengevaluasi tenaga pendidik pada pelatihan Interpersonal Skill, sebanyak 8 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi terhadap tenaga pendidik ternilai dan analisis dokumen desain pelatihan buatan yang dilakukan oleh 3 evaluator internal Sepolwan. Hasil penelitian menunjukan bahwa tenaga pendidik di Sepolwan telah menguasai kompetensi pedagogik dengan baik. Rekomendasi yang dapat diberikan yaitu tenaga pendidik perlu untuk melakukan diskusi dalam mengembangkan desain pembelajaran, dalam melaksanakan proses pembelajaran tenaga pendidik perlu mengembangkan keterampilan mengelola kelas, dalam melakukan penilaian tenaga pendidik perlu melakukan kegiatan refleksi bersama siswa. Lembaga direkomendasikan untuk mengembangkan program guna mempertahankan dan meningkatkan kompetensi pedagogik tenaga pendidik. This evaluation study aims to obtain informations about mastery of pedagogic competence of educators in Sepolwan. Evaluation is done by measuring the mastery of educators in planning lessons, carrying out the learning process, and make an assessment. The research was conducted at the Women's Police School located on Jl. Ciputat Raya, No. 41, Kebayoran Lama, South Jakarta. The model used in this research is the Ranking Method model. This model is used to see the results of mastery pedagogic competence of educators from the highest to the lowest. This study evaluates educators on Interpersonal Skill training, as many as 8 people. Data collection was conducted with observations of evaluated educators and analysis of training design documents conducted by 3 Sepolwan internal evaluators. The results showed that educators in Sepolwan have mastered pedagogic competence well. Recommendations that can be given that educators need to conduct discussions in developing learning design, in implementing the learning process educators need to develop the skills to manage the class, in assessing educators need to perform reflection activities with students. Institutions are recommended to develop programs to maintain and improve pedagogic competence of educators

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Khaerudin, M.Pd 2) Prof. B. P. Sitepu, MA
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 30 Mar 2022 05:59
Last Modified: 30 Mar 2022 05:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25543

Actions (login required)

View Item View Item