AYESHA IVELLA RAGITA, . (2017) STUDI KASUS GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA PKBM DALAM MENGEMBANGKAN PKBM NEGERI 32 DUREN SAWIT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI.pdf Download (3MB) |
Abstract
Kepemimpinan merupakan upaya seorang pemimpin mempengaruhi orang lain dalam mencapai tujuan bersama. Peranan kepemimpinan dalam suatu PKBM akan menjadi suatu kerjasama timbal balik antara pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) dengan kepala PKBM. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai gaya kepemimpinan yang digunakan oleh kepala PKBM di PKBM Negeri 32 Duren Sawit. Penelitianini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan penelitian studi kasus dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik pemeriksaan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepala PKBM memiliki ciri-ciri seperti berikut ini : 1) Menerima saran, pendapat, dan kritik dari bawahan, 2) Mengutamakan kerjasama dan kerja tim, 3) Melakukan koordinasi pekerjaan pada bawahan, 4) Memberikan stimulasi kepada bawahan agar produktif, 5) Mengikutsertakan bawahan dalam memecahkan masalah, 6) Memberikan informasi tentang tugas dan tanggung jawab para bawahan, 7) Pemimpin melakukan pengembangan potensi kepada bawahan, 8) Menjunjung tinggi berkat dan martabat bawahan, 9) Mengikutsertakan bawahan dalam pengambilan keputusan, 10) Pemimpin mampu memelihara kondisi kerja yang kondusif, inovatif, dan kreatif, dan 11) Memiliki perhatian yang positif dalam menyelesaikan konflik antar bawahan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa gaya kepemimpinan yang digunakan kepala PKBM di PKBM Negeri 32 Duren Sawit adalah gaya kepemimpinan demokratis, hal ini dapat dilihat dari ciri-ciri kepala PKBM, yang merupakan ciri-ciri dari gaya kepemimpinan demokratis. Leadership is an attempt of a leader to influencing other person in achieving the same objectives. The leadership role in PKBM will become a mutual cooperation between teachers and educational staff (PTK) with the head of PKBM. The aim of this research is for describe leadership style used by the head of PKBM in PKBM Negeri 32 Duren Sawit. This research use method qualitative descriptive methods. The techniques that used in this reasearch is observation, interview and documentation. The data analysis technique in this research is using data reduction, presentation, and draw a conclution. While the examination techniques that used in this research is triangulate source and techniques. Result of this research shows that the head of PKBM have characteristics such as : 1) Take an advises, opinions, and critics from the subordinates, 2) Prioritizes cooperation and team work, 3) Coordinating the works with subordinates, 4) Gives some stimulates to subordinates to be more productives, 5) Involve subordinates in problem solving, 6) Gives some information about the duties and responsibilities to subordinates, 7) The leader perform developing potential to subordinates, 8) Upholds the dignity of the subordinates, 9) Involve subordinates in decision making, 10) The leader maintain a conductive, innovative, and creative working conditions, 11) Have a positive attention in resolving conflict between subordinates. The conclusion of this research is that the leadership that used by the head of PKBM Negeri 32 Duren Sawit is democratic leadership style, it can be seen from the characteristics of the head of PKBM that same as the characteristics of democratics leadership style.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Durotul Yatimah, M.Pd 2). Karta Sasmita, Ph.D |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 30 Mar 2022 06:00 |
Last Modified: | 30 Mar 2022 06:00 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25544 |
Actions (login required)
View Item |