AYU ASTRIANI PURNAMAYATI, . (2017) STUDI KASUS PENYELENGGARAAN PROGRAM PENDIDIKAN KECAKAPAN WIRAUSAHA (PKW) JENIS KETERAMPILAN MENJAHIT DI PKBM NEGERI 16 RAWASARI TAHUN 2016. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1515133707 AYU ASTRIANI PURNAMAYATI.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menilai kesesuaian penyelenggaraan program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) jenis keterampilan menjahit di PKBM Negeri 16 Rawasari dengan petunjuk teknis program Pendidikan Kecakapan Wirausaha tahun 2016. Pendekatan metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus, yang merujuk pada metode studi kasus sukses Brinkerhoff. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan codes and coding dan membuat laporan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyelenggaraan program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) jenis keterampilan menjahit di PKBM Negeri 16 Rawasari belum sesuai dengan petunjuk teknis program PKW tahun 2016. Dikatakan belum sesuai karena 4 dari 6 tahap pelaksanaan model Six-Stage tidak dilakukan dengan baik. Oleh sebab itu, pengelola diharapkan menyelenggarakan program mengacu kepada petunjuk teknis program PKW yang sudah diterbitkan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan, Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan. This study aims to assess the suitability of the implementation of Entrepreneurial Skills Education program (PKW) type sewing skills in PKBM 16 Rawasari with the technical guidance Entrepreneurial Skills Education program in 2016. Approach method used is a qualitative approach using case study method, which refers to the successful case study method Brinkerhoff. The technique of collecting data using interviews, observation and documentation. Analysis of data using codes and coding and report the results of the interview. The results showed that the implementation of Entrepreneurial Skills Education program (PKW) type sewing skills in PKBM 16 Rawasari not in accordance with the technical guidelines of PKW program in 2016. It is said is not appropriate because four of the six stages of the implementation of the model Six-Stage is not done well. Therefore, managers are expected to deliver programs refer to the technical instructions PKW program that has issued the Directorate General of Education and Early Childhood Education, Directorate of Development and Training Course.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Karta Sasmita, M.Si., Ph.D 2). Drs. Sri Koeswantono, M.Si |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Khusus |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 30 Mar 2022 06:30 |
Last Modified: | 30 Mar 2022 06:30 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25549 |
Actions (login required)
View Item |