MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF PAPAN BILAH PENJUMLAHAN BAGI SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS IV DI SLB NUSANTARA DEPOK JAWA BARAT

AYU SHELLA, . (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF PAPAN BILAH PENJUMLAHAN BAGI SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS IV DI SLB NUSANTARA DEPOK JAWA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI-PLB FIP UNJ-AYU SHELLA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan alat permainan edukatif papan bilah penjumlahan bagi siswa tunagrahita ringan kelas IV di SLB Nusantara Depok Jawa Barat. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai Juni 2016. Subyek penelitian ini adalah siswa tunagrahita ringan kelas IV yang berjumlah lima siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang pada setiap siklusnya menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahapan, yaitu tahap perencanaan, tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan dokumentasi gambar. Hasil penelitian menunjukan bahwa APE papan bilah penjumlahan dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa tunagrahita ringan kelas IV di SLB Nusantara Depok Jawa Barat. Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan penguasaan hasil belajar yang diharapkan yaitu peningkatan nilai minimal 30 poin. Siswa menjadi lebih bersemangat dan tertarik belajar matematika,suasana selama proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Diharapkan guru dapat melakukan peningkatan hasil belajar matematika menggunakan APE papan bilah penjumlahan dan APE lainnya yang lebih variatif. This study aims to improve the learning result by using the tool educative game bar board additive for fourth grade student with mild mental retardation at SLB Nusantara Depok West Java. This study was conducted in January to June 2016. The subjects were five fourth grade students with mild mental retardation. This study was conducted in two cycles, which in each cycle using classroom action research design consists of four stages, namely planning, action and observation, and reflection. Data collection is done with test , observation and picture documentation. This results showed that APE bar board additive can improve learning outcomes of fourth grade students with mental retardation in mathematic at SLB Nusantara Depok, West Java. The aim of this study is to increase student’s learning outcomes in mathematic at least 30 points, and the result shows that this aim is achieve. Students become more excited and interested about learning mathematics, the atmosphere during learning process is more fun. Hopefully teacher can upgrading the result of learning math using APE bar board additive and APE which more varied.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Tri Sediyani, M.Pd 2). Drs. Bahrudin, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 30 Mar 2022 07:10
Last Modified: 30 Mar 2022 07:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25553

Actions (login required)

View Item View Item