PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E–HANDOUT FISIKA BERBASIS ANDROID DILENGKAPI AUDIO VISUAL UNTUK SISWA SMA KELAS XI SEMESTER I

ANDI NOVRIANSYAH, . (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E–HANDOUT FISIKA BERBASIS ANDROID DILENGKAPI AUDIO VISUAL UNTUK SISWA SMA KELAS XI SEMESTER I. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB II.pdf

Download (325kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (203kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (58kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (6kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (49kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (43kB)
[img] Text
BAB III .pdf

Download (396kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (788kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR SKRIPSI.pdf

Download (177kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (113kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan produk bahan ajar e–handout fisika berbasis android dilengkapi audio visual untuk siswa SMA kelas XI semester I. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model Dick & Carey yang dimodifikasi oleh Atwi Suparman menjadi Model Pengembangan Instruksional (MPI). Uji kelayakan produk dilakukan kepada ahli materi dan ahli media, didapat persentase ahli materi 81,67% dengan interpretasi sangat baik dan ahli media 93,13% dengan interpretasi sangat baik. Uji coba produk dilakukan kepada guru fisika dan 32 orang peserta didik, didapat persentase oleh guru fisika sebesar 89,48% dan oleh peserta didik sebesar 87,37 % untuk seluruh komponen dengan rincian 86,88% untuk komponen kelayakan isi, 88,75% untuk komponen penyajian, 87,88% untuk komponen mudah dilihat, 86,75% untuk komponen menarik, 87,19% untuk komponen berguna dan bermanfaat, 87,50% untuk komponen tersusun dengan baik dan 86,67% untuk komponen efektif dan efisien. Uji efektifitas menggunakan uji gain memperoleh hasil sebesar 0,65, yang menyatakan terjadi peningkatan pengetahuan dengan interpretasi sedang. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba, pengembangan bahan ajar e-handout fisika berbasis android dilengkapi audio visual untuk siswa SMA kelas XI semester I dapat digolongkan dalam kategori layak digunakan sebagai pendamping bahan ajar fisika. This research is aimed to develop a teaching product of physics-based e-physics e-handout and audio visual for high school students of class XI semester I. This research uses Research & Development (R & D) with Dick & Carey model modified by Atwi Suparman into Instructional Development Model (MPI ). Product feasibility test is done to material expert and media expert, obtained by percentage of material expert 81,67% with excellent interpretation and media expert 93,13% with very good interpretation. The product test was conducted to physics teacher and 32 students, got percentage by physics teacher 89,48% and by 87,37% for all components with 86,88% for content fulfillment component, 88,75% For component of presentation, 87,88% for easy to see component, 86,75% for interesting component, 87,19% for useful and useful component, 87,50% for well structured component and 86,67% for effective and efficient component . The effectiveness test using the gain test obtained a result of 0.65, which indicates an increase in knowledge with moderate interpretation. Based on the results of validation and testing, the development of e-physics-based androidbased e-physics teaching materials equipped with audio vsual for high school students of class XI semester I can be classified in the appropriate category to be used as a complement of physics teaching materials.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. I Made Astra, M.Si 2) Dwi Susanti, M.Pd
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 31 Mar 2022 06:04
Last Modified: 31 Mar 2022 06:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25562

Actions (login required)

View Item View Item