PENGEMBANGAN PERMAINAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA POKOK BAHASAN FLUIDA DINAMIS

AMATULLAH FADHILLAH ROBBANI, . (2017) PENGEMBANGAN PERMAINAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA POKOK BAHASAN FLUIDA DINAMIS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI Full.pdf

Download (13MB)

Abstract

Mobile Learning adalah kegiatan pendidikan yang dapat diterapkan hanya jika teknologi yang digunakan sepenuhnya adalah ponsel dan ketika pengguna teknologi juga berpindah saat mereka belajar. Permainan interaktif adalah media pembelajaran yang didesain melalui simulasi-simulasi tertentu yang dibutuhkan agar pelajar mengikuti permainan yang disajikan dan agar pelajar mampu menerapkan semua pengalaman belajarnya dalam menyelesaikan masalah yang dimaksud. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dalam bentuk permainan interaktif yang diintegrasikan pada perangkat smartphone Android pada pokok bahasan Fluida Dinamis. Pengembangan dilakukan dengan metode Research and Development yang mengacu pada Desain Instruksional Dick and Carey. Permainan ini dikembangkan menggunakan software Macromedia Flash CS6 yang kemudian diintegrasikan pada smartphone menggunakan aplikasi Adobe Air. Untuk memperoleh media permainan yang baik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran perlu dilakukan validasi oleh ahli materi dan ahli media untuk selanjutnya dilakukan uji lapangan kepada guru dan siswa. Uji validasi dan uji lapangan dilakukan menggunakan instrument yang dinilai dengan teknik penilaian berskala Likert 5. Sedangkan uji lapangan dilakukan pada Guru Fisika SMA dan siswa SMA kelas XI. Hasil validasi ahli materi dan ahli media berturut-turut adalah 86.67% dan 83.4%. Interpretasi dari prentase tersebut adalah sangat baik, sehingga permainan bisa diujicobakan ke lapangan. Hasil uji lapangan pada guru menghasilkan bahwa permainan interaktif ini sangat baik dan uji lapangan dilanjutkan kepada siswa. Hasil uji lapangan pada siswa, permainan interkatif pokok bahasan Fluida Dinamis dapat diterima dengan baik. Berdasarkan hasil uji validasi dan hasil uji lapangan dapat disimpulkan bahwa permainan ini layak digunakan sebagai salah satu media pembelajaran untuk mendukung pembelajaran berbasis mobile learning. Mobile Learning is an educational activity that can be applied only if the mobile technology is used and when technology users also move as they learn. Interactive games are instructional media designed through specific simulations required for students to attend the presented games and for students to be able to apply all their learning experiences in solving the problem. This study aims to develop learning media in the form of interactive game that is integrated on Android smartphone devices on the subject of Dynamic Fluid. Development is done by Research and Development methode which refers to Dick and Carey’s Instructional Design. The game was developed using Macromedia Flash CS6 software which then integrated on smartphone using Adobe Air application. To obtain a good game media and in accordance with the purpose of learning needs to be validated by the material experts and media experts. After validation this media would have field testing to teachers and students. Validation tests and field tests were conducted using instruments assessed by Likert’s 5 scale assessment techniques. Field trials were conducted on High School Physics Teachers and high school students of class XI. The results of validation of material experts and media experts were 86.67% and 83.4%, respectively. The interpretation of such a percentage is excellent, so the game can be tested into the field. The results of the field test on the teacher resulted that the interactive game is very good and the field test is continued to the students. The result of field test on the students, Interactive game of Dynamic Fluid subject subject can be received well. Based on the results of validation test and field test, the game is feasible to be used as one of the learning media to support learning process for high school students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Siswoyo, M.Pd 2) Drs. Andreas Handjoko Permana, M.Si
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 31 Mar 2022 06:36
Last Modified: 31 Mar 2022 06:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25569

Actions (login required)

View Item View Item