PENGEMBANGAN E-LEARNING MENGGUNAKAN CMS (CONTENT MANAGEMENT SYSTEM) WORDPRESS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA SMA PADA KELAS XI SEMESTER 1

AMANDA YULIA, . (2017) PENGEMBANGAN E-LEARNING MENGGUNAKAN CMS (CONTENT MANAGEMENT SYSTEM) WORDPRESS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA SMA PADA KELAS XI SEMESTER 1. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skirpsi Amanda Yulia-3215130834.pdf

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media elearning menggunakan CMS Wordpress sebagai media pembelajaran fisika SMA untuk kelas XI Semester 1. Model penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian pengembangan (research & development). Pengembangan e-learning menggunakan CMS Wordpress ini dapat menampilkan materi fisika yang diperkaya dengan video yang terintegrasi sehingga memudahkan siswa dalam memahami konsep yang dikaji. Media e-learning ini juga dilengkapi dengan perangkat penilaian yang dapat digunakan secara online. Media e-learning yang dihasilkan dapat memudahkan siswa untuk belajar secara mandiri tanpa harus berada dalam suatu ruang khusus atau kelas. Untuk diskusi perangkat e-learning juga dilengkapi dengan media diskusi dalam bentuk chatting untuk semua user yang terdaftar. e-learning ini telah melalui tahap evaluasi formatif yaitu uji validasi materi, media dan pembelajaran dengan menggunakan instrument berskala likerts 5. Berdasarkan uji validasi didapatkan hasil, validasi materi 92,23%, validasi media 92,67% dan validasi pembelajaran 91.11% dengan interpretasi “sangat baik”. Setelah dilakukan revisi, media e-learning ini dilakukan uji lapangan oleh dua guru fisika yang mendapatkan hasil 91,7% dengan interpretasi “sangat baik” dan 36 siswa mendapatkan hasil 84.86% dengan interpretasi “sangat baik”. Hasil dari uji n-gain yang dilakukan terhadap 15 siswa sebesar 0.7 menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Sehingga produk e-learning yang dihasilkan sudah dapat dikatan layak sebagai media pembelajaran karena semua aspek uji validasi telah melebihi persentase 60%. This study is aimed to produce products in the form of e-learning media using CMS Wordpress as a medium physics learning media for class XI Semester 1. The research model used is research development (research & development). The development of e-learning using CMS WordPress can display physics material that is enriched with integrated video making it easier for students to understand the concept studied. This e-learning media also comes with assessment tools that can be used online. The resulting elearning media can make it easier for students to learn independently without having to be in a special room or class. For discussion e-learning tool also comes with discussion media in the form of chatting for all registered users. E-learning has been through the formative evaluation phase that is the validation of the material, the media and the learning by using instrument likerts scale 5. Based on the validation test obtained the results, material validation 92.23%, media validation 92.67% and learning validation 91.11% by interpretation "very good". After the revision, the elearning media was field tested by two physics teachers who achieved 91.7% results with "excellent" interpretation and 36 students got 84.86% with "excellent" interpretation. Results of the n-gain test conducted on 15 students of 0.7 indicate that there is an increase in student learning outcomes. So that the e-learning products produced can be qualified as a learning media because all validation aspect passes 60%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Fauzi Bakri S.Pd, M.Si 2) Dewi Muliyati, M.Si, M.Sc
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 31 Mar 2022 06:43
Last Modified: 31 Mar 2022 06:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25572

Actions (login required)

View Item View Item