PENGEMBANGAN E-MODULE PEMBELAJARAN KIMIA KELAS XI SMA PADA MATERI LAJU REAKSI SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA

AMALIA NOVITASARI, . (2017) PENGEMBANGAN E-MODULE PEMBELAJARAN KIMIA KELAS XI SMA PADA MATERI LAJU REAKSI SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI AMALIA.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-Module. Pembelajaran Kimia Kelas XI SMA pada Materi Laju Reaksi Sebagai Sumber Belajar Siswa. Pengembangan e-Module ini dilakukan dengan mengadaptasi tahapan penelitian dan pengembangan Borg & Gall (Sugiyono, 2012) yang terdiri dari tahapan : Analisis pendahuluan dan kebutuhan, perencanaan, pengembangan produk, validasi oleh para ahli dan revisi, uji coba skala kecil dan revisi, uji coba skala besar, revisi tahap akhir. Penelitian ini dilaksanakan mulai November 2016 hingga Mei 2017. Produk e-Module yang dikembangkan ini menggunakan aplikasi utama yaitu 3D P ageFlip Professional. Hasil reliabilitas antar rater tahap validasi oleh ahli materi dan bahasa diperoleh sebesar 0,89, sedangkan hasil reliabilitas antar rater tahap validasi oleh ahli media diperoleh sebesar 0,99. Hasil uji coba skala kecil siswa keseluruhan indikator diperoleh rentang 84,17%-87,44%, sementara hasil uji coba skala kecil pada guru diperoleh rentang 80,00%-90,00%. Hasil uji coba skala besar siswa keseluruhan indikator diperoleh persentase dengan rentang 87,23%- 88,92%, hasil uji coba skala besar guru diperoleh rentang 84,00%- 97,50%. Interpretasi penilaian e-Module oleh para ahli, siswa, maupun guru secara keseluruhan memiliki interpretasi “Baik” hingga “Sangat Baik” pada tiap indikator penilaian. Sehingga dapat disimpulkan bahwa eModule laju reaksi yang telah dikembangkan telah layak digunakan sebagai sumber belajar siswa yang sesuai dengan kebutuhan siswa. This research aims to develop e-Module Chemistry Learning Class XI High School on Reaction Rate as Student Learning Resources. The development of e-Module is done by adapting Borg & Gall's stages of research and development (Sugiyono, 2012) consisting of stages: Preliminary analysis and needs, planning, product development, validation by experts and revisions, small-scale trials and revised, large-scale trials, final stage revision. This research was conducted from November 2016 until May 2017. This e-Module product developed using main application is 3D PageFlip Professional. Reliability results between rater validation stage by the material and language experts obtained for 0.89, while the reliability results between rater validation stage by the media expert obtained for 0.99. Results of small-scale student trials of the overall indicator obtained range 84,17%-87,44%, while the results of small-scale trial on teachers obtained by 80,00%-90,00%. Results of large-scale trial of students overall indicators obtained percentage with a range of 87,23%-88,92%, while the results of large-scale trial of teachers obtained 84,00%-97,50%. Interpretation of e-Module assessment by experts, students, and teachers as a whole has a "Good" to "Very Good" interpretation on each assessment indicator. So it can be concluded that e-Module reaction rate that has been developed has been eligible to be used as a source of student learning in accordance with the needs of students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Muktiningsih N., M.Si 2) Dr. Darsef Darwis, M.Si
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 31 Mar 2022 06:47
Last Modified: 31 Mar 2022 06:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25573

Actions (login required)

View Item View Item