MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS V (Studi Penelitian Tindakan Kelas SDN Semanan 02 Petang kelurahan Semanan Kecamatan Kalideres Jakarta Barat)

CICI HARYATI, . (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS V (Studi Penelitian Tindakan Kelas SDN Semanan 02 Petang kelurahan Semanan Kecamatan Kalideres Jakarta Barat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
CICI HARYATI_1815130340.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn dengan model Problem Based Learning pada siswa kelas V SDN Semanan 02 Petang Kalideres Jakarta Barat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Semanan 02 Petang Kalideres Jakarta Barat yang berjumlah 39 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis & Mc. Taggart. Pengumpulan data dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi/evaluasi sebagai dasar perencanaan ulang pada siklus berikutnya. Pada siklus I, hasil belajar siswa menunjukkan presentase sebesar 61,54% sehingga belum dinyatakan tuntas belajar karena ketuntasan belajarnya masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu sebesar 80%. Pada siklus II presentase nilai hasil belajar siswa mencapai 87,17%. Instrumen pemantauan tindakan aktivitas guru pada siklus I yaitu 75% meningkat pada siklus II yaitu 97,5%. Instrumen pemantauan tindakan aktivitas siswa pada siklus I yaitu 75% mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 95%. Implikasi dari penelitian ini adalah model Problem Based Learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V Sekolah Dasar. The aims of research increasing result study of civic education through the problem based learning model of the fifth grade students in SDN Semanan 02 Petang, Kalideres West Jakarta.The subject of this research is fifth grade students in the SDN semanan 02 Petang, Kalideres West Jakarta were 39 students. Research methodology is used the classroom action research with using the model Kemmis And Mc. Taggart. The data collection conducted through the stage of planning, the implementation of the, observation, reflection / evaluation as the based for planning the next cycle. In the first cycle results study show the percentage of students 61,54 % so, it is not expressed be completed study because the result study was still below the minimum completeness criteria (KKM) is equal to achievement at 80 %. In the second cycle result study show the percentage students reached 87,17%. An instrument monitoring the act of teacher activity at the first cycle reaches 75 % and an increase in the second cycle to 97,5 %. An instrument monitoring the act of activity students in the first cycle 75 % and an increase significantly in the second cycle to 95 %. The implications of the classroom action research can be used a model as problem based learning could become one of the learning model to increase result study of civic education in the elemantary school fifth grade students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Nina Nurhasanah, M.Pd 2). Yustia Suntari, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 31 Mar 2022 22:25
Last Modified: 31 Mar 2022 22:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25602

Actions (login required)

View Item View Item