PENGARUH INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP RASA PERCAYA DIRI ANAK USIA 7 – 8 TAHUN (Studi ExPost Facto Di SDS BUDI HARAPAN Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur)

CITRA DEWI, . (2016) PENGARUH INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP RASA PERCAYA DIRI ANAK USIA 7 – 8 TAHUN (Studi ExPost Facto Di SDS BUDI HARAPAN Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf

Download (48kB)
[img] Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf

Download (84kB)
[img] Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (73kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (353kB)
[img] Text
4. LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (307kB)
[img] Text
9. BAB. II.pdf

Download (156kB)
[img] Text
8. BAB. I.pdf

Download (96kB)
[img] Text
7. LEMBAR DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (44kB)
[img] Text
10. BAB. III.pdf

Download (166kB)
[img] Text
6. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf

Download (60kB)
[img] Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (353kB)
[img] Text
14. DAFTAR TABEL.pdf

Download (379kB)
[img] Text
11. BAB. IV.pdf

Download (139kB)
[img] Text
12. BAB. V.pdf

Download (67kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (73kB)
[img] Text
16. DAFTAR LAMPIRAN DATA.pdf

Download (355kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris mengenai pengaruh tingkat interaksi teman sebaya terhadap rasa percaya diri anak usia 7 – 8 tahun di Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 70 anak yang dibagi dalam dua kelompok berdasarkan tingkat interaksi teman sebaya tinggi dan tingkat interaksi teman sebaya rendah. Pengambilan sampel dilakukan dengan meng-cluster sekolah dasar di Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, kemudian sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Metode yang digunakan adalah ExPost Facto, dengan membandingkan dua kelompok variabel bebas yang berbeda dengan pengaruhnya terhadap suatu variabel terikat. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner dan dianalisis menggunakan uji – t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasa percaya diri anak yang memiliki tingkat interaksi teman sebaya tinggi lebih tinggi dari rasa percaya diri anak anak yang memiliki tingkat interaksi teman sebaya rendah. Hasil tersebut menunjukkan bahwa interaksi dengan teman sebaya dapat dijadikan salah satu upaya dalam membentuk rasa percaya diri anak usia 7 – 8 tahun. Oleh sebab itu orangtua dan guru perlu mengetahui kemampuan dan kebutuhan anak, sehingga dapat mengembangkan pembelajaran yang bervariasi untuk dapat mengembangkan rasa percaya diri anak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Eriva Syamsiatin, S. Pd., M.Si. 2). Dr. Nurjannah, Sp, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 01 Apr 2022 15:50
Last Modified: 01 Apr 2022 15:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25610

Actions (login required)

View Item View Item