PERKEMBANGAN IT DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN ANAK USIA 6-7 TAHUN

DARWANTI, . (2017) PERKEMBANGAN IT DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN ANAK USIA 6-7 TAHUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
DARWANTI - 1615128652.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kajian ini dilakukan untuk mengetahui perkembangan IT dalam hal ini adalah gadget dalam kegiatan pembelajaran anak usia 6-7 tahun tentang kebiasaan dalam menggunakan gadget di rumah. Kajian ini dilakukan pada bulan Februari 2017. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Analisis hasil kajian menunjukkan bahwa anak usia 6-7 tahun masih berada pada tahap praoperasional, dimana anak masih menggunakan simbol seperti kata-kata atau gambaran dalam pikiran untuk menyelesaikan masalah dan memikirkan tentang benda-benda dan orang-orang yang tidak berada bersamanya. Anak memerlukan media dalam memahami sesuatu yang sedang mereka pelajari. Anak akan lebih mudah menerima proses pembelajran apabila cara yang digunakan sesuai dengan tingkat perkembangan usia anak. Anak lebih suka akan bermain sesuatu yang membuat mereka menjadi senang. Gadget adalah media permainan anak yang sedang mewabah pada saat ini. Gadget tersebut dapat digunakan sebagai sarana media pembelajaran anak di rumah. Orang tua dapat mendownload aplikasi permainan berbasis edukasi dalam gadget untuk dimainkan oleh anak. Pengawasan dan batasan waktu dari orang tua juga sangat diperlukan dalam menggunakan gadget tersebut, walaupun tujuan penggunaan gadget sebagai media pembelajaran bagi anak. The study was conducted to determine the development of IT in this regard is gadget in the learning activities of children aged 6-7 years in the habit of using gadget in house. This study was conducted in February 2017. The method used is a qualitative method. Analysis of the results of the study showed that children aged 6-7 years is still in the pre-operational stage, where children are still using symbols such as words or images in the mind to solve problems and think about things and people who aren’t with him. Kids need the media to understand something they are studying. Children will be more receptive learning process if the means used in accordance with the level of development of the child's age. Kids would rather play something that makes them happy. Gadget is a media game that is endemic at the moment. The gadget can be used as a means of learning media children at home. Parents can download educational games based on the gadget to be played by children. Supervision and the time constraints of parents are also indispensable in using the gadget, even if the intended use of the gadget as a medium of learning for children.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Lara Fridani, S. Psi., M. Psych. 2). Dr. R. Sri Martini Meilanie, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 01 Apr 2022 16:42
Last Modified: 01 Apr 2022 16:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25616

Actions (login required)

View Item View Item