PENGARUH PARENT-PEER ATTACHMENT TERHADAP PERILAKU BULLYING PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

DENISTYA RERY ISFANDRIANI, . (2016) PENGARUH PARENT-PEER ATTACHMENT TERHADAP PERILAKU BULLYING PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI_DENISTYA RERY ISFANDRIANI_1125125401.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas parentpeer attachment terhadap perilaku bullying. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan skala psikologi. Penelitian ini menggunakan instrumen yang telah di adaptasi sebelumnya, untuk mengukur kualitas parent-peer attachment digunakan Inventory of Parent-Peer Attachment versi revisi (IPPA-R) dan untuk mengukur perilaku bullying digunakan skala Perilaku Bullying. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 100 orang siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 137 Jakarta dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Metode pengolahan data yang dilakukan dalam pengujian hipotesis adalah analisis regresi linear dengan menggunakan SPSS versi 20.00. Berdasarkan hasil dari penelitian, didapatkan F= 34.269, p= 0.000 < 0.05 (signifikan) dan pengaruh yang dihasilkan bersifat negatif, artinya semakin rendah kualitas parent-peer attachment maka semakin tinggi perilaku bullying siswa, begitu pula sebaliknya. Besar pengaruh yang dihasilkan parent-peer attachment terhadap perilaku bullying adalah sebesar 0.259 (25.9%) dan sisanya sebesar 74.1% dipengaruhi oleh faktor lain. Hal ini menandakan terdapat pengaruh negatif yang signifikan parent-peer attachment terhadap perilaku bullying pada siswa Sekolah Menengah Pertama. This study aims to determine the effect of quality of parent-peer attachment on bullying behaviors. Researcher used quantitave method with psychological scale. This research is using adapted instruments, namely Inventory of Parent-Peer Attachment revised version (IPPA-R) and Bullying Behavior Scale. There are 100 samples of 137 Junior High School in Jakarta using simple random sampling as the sampling method. Statistical analysis used to test the hypothesis is linear regression analysis using SPSS version 20.00. Based on the result, obtained value of F= 34.269, p= 0.000 < 0.05 (significant) and there are negative effect of quality of parent-peer attachment to bullying behaviors, that means the lower the quality of parent-peer attachment the higher the bullying behaviors are, and vice versa. The parentpeer attachment influence 25.9% of the bullying behaviors and the rest of 74.1% are influenced by the other factors. So it can be conclude that there are significant negative effect of parent-peer attachment on bullying behaviors in junior high school students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Burhanuddin Tola, MA. 2). Dwi Kencana Wulan, M.Psi.
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 02 Apr 2022 12:38
Last Modified: 02 Apr 2022 12:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25627

Actions (login required)

View Item View Item