PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BAHASA INGGRIS UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER (Penelitian dan Pengembangan di SDN Tegal Parang 06 Jakarta Selatan)

DESTI MULYANDANI, . (2017) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BAHASA INGGRIS UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER (Penelitian dan Pengembangan di SDN Tegal Parang 06 Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
DESTI MULYANDANI_1815125596_PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BAHASA INGGRIS UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH D.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Surat Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (759kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan dan Pengesahan.pdf

Download (572kB)
[img]
Preview
Image
20170315_142809.jpg

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa buku komik dengan fokus melatih kemampuan membaca siswa disertai nilai pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan metode research and development dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima langkah. Penelitian dilakukan dengan melibatkan ahli media, ahli materi, ahli bahasa, dan siswa kelas V sekolah dasar. Dari data hasil uji coba analisis kebutuhan pada tahap pengumpulan informasi awal pada responden guru menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa inggris di sekolah kurang baik, oleh karena itu guru memberikan pendapat perlunya pengembangan media pembelajaran dengan disertai nilai-nilai pendidikan karakter pada buku komik. Pada uji coba lapangan operasional atau field test dengan responden siswa, diperoleh hasil sebesar 87,4%. Hal ini menunjukkan bahwa produk buku komik memberikan dampak yang baik dan efektif dalam pembelajaran bahasa Inggris serta menerapkan pendidikan karakter siswa kelas V sekolah dasar. Research and development aims to produce a product in the form of a comic book with a focus on students practice reading with the value of character education. This study uses research and development with ADDIE development model consisting of five steps. The study was conducted involving media experts, subject matter experts, linguists, and fifth grade students of primary school. From the data analysis of the trial results to the needs of the initial information gathering stage of the respondent indicate that teachers teaching English in schools is not good, so teachers give opinions necessity of development of instructional media with accompanying educational values of characters in the comic book. In field test with respondent student, obtained a result of 87,4%. This indicates that the product comic book had a significant impact and are effective in learning English as well as implement a character education elementary school fifth grade students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Nidya Chandra Muji Utami, S.Pd, M.Si. 2). Dr. Ika Lestari, S.Pd, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 02 Apr 2022 15:20
Last Modified: 02 Apr 2022 15:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25635

Actions (login required)

View Item View Item