MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENSTIMULASI MEMBACA AL-QUR’AN PERMULAAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF “HIJAIYAHKU” BAGI PESERTA DIDIK TUNARUNGU

DEUTY SHOLIHAH MARDLIYANI, . (2017) MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENSTIMULASI MEMBACA AL-QUR’AN PERMULAAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF “HIJAIYAHKU” BAGI PESERTA DIDIK TUNARUNGU. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Karya Inovatif Deuty Sholihah Mardliyani (1335133670).pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dapat membantu peserta didik tunarungu belajar membaca Al-Qur’an permulaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode karya inovatif yang berlandaskan model Sugiyono yang dikerucutkan menjadi tujuh tahapan yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, dan revisi produk final. Validasi desain dilakukan oleh 3 ahli yaitu, ahli multimedia, ahli materi dan ahli ketunarunguan. Hasil skor rata-rata dari para ahli ialah 3,34. Multimedia interaktif hijaiyahku diujicobakan kepada 4 peserta didik tunarungu kelas 2 SDLB Santi Rama. Hasilnya multimedia dapat digunakan untuk menstimulasi kemampuan membaca Al-Qur’an permulaan. Multimedia ini diharapkan dapat meningkatkan minat dan motivasi peserta didik untuk membaca Al-Qur’an permulaan, dan membantu guru mengenalkan huruf hijaiyah kepada peserta didik tunarungu. This study aims to produce interactive multimedia that can help deaf student learn to read the Al-Qur'an. The method used in this research is innovative work method based on Sugiyono model which purified into seven stages namely potential and problem, data collection, product design, validation design, revisions design, product trials, and final product revisions. Validation design is done by 3 experts namely, multimedia experts, theory experts and deaf experts. The average score of the experts is 3.34. Interactive multimedia hijaiyahku tested to 4 students of hearing impaired class 2 SDLB Santi Rama. The result of multimedia can be used to stimulate the reading ability of the AlQur'an. This multimedia is expected to increase the interest and motivation of students to read the Al-Qur'an, and to help teachers to introduce hijaiyah letters to deaf students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Totok Bintoro, M.Pd. 2). Dr. Murni Winarsih, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 02 Apr 2022 16:05
Last Modified: 02 Apr 2022 16:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25638

Actions (login required)

View Item View Item