MENINGKATKAN KEMAMPUAN TANGGANADA DALAM PEMBELAJARAN SENI MUSIK MAHASISWA DENGAN AUTISME MENGGUNAKAN PECS (PICTURE EXCHANGE COMMUNICATION SYSTEM) (Single Subject Research di Politeknik Negeri Jakarta, Depok)

DEVI ANDININGRUM, . (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN TANGGANADA DALAM PEMBELAJARAN SENI MUSIK MAHASISWA DENGAN AUTISME MENGGUNAKAN PECS (PICTURE EXCHANGE COMMUNICATION SYSTEM) (Single Subject Research di Politeknik Negeri Jakarta, Depok). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI Devi Andiningrum.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan tangganada dalam pembelajaran seni musik pada mahasiswa dengan autisme melalui penggunaan Picture Exchange Communication System (PECS). Sampel dalam penelitian ini adalah seorang mahasiswa dengan autisme berusia 20 tahun di Program Studi Manajemen Pemasaran Politeknik Negeri Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode penelitian subyek tunggal dengan desain A-B. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis visual dalam kondisi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan tangganada dalam pembelajaran seni musik pada mahasiswa dengan autisme dapat meningkat melalui penggunaan PECS. Penggunaan PECS ini berdampak positif pada kemampuan mahasiswa dengan autisme dalam mengenal, menekan tuts dan memainkan lagu dengan menggunakan tanggnada C Mayor dan G Mayor. Oleh sebab itu, dosen dan orang tua dapat mengaplikasikan media PECS pada kegiatan pembelajaran di sekolah maupun di rumah. This research was made to improve the ability of autism students to learn music scale using Picture Exchange Communication System (PECS). The sample in this research is a student with autism aged 20 years who study at Program Studi Manajemen Pemasaran in Politeknik Negeri Jakarta. The method used is a single subject research method with A-B design. Technique of data collection is done by observation and documentation. Data analysis techniques use visual analysis under conditions. The results showing that the ability of autism student that learn music scale can be increased through using PECS. The use of PECS has a positive effect with the ability of students with autism in recognizing, pressing keys and playing songs using the scale of C Major and G Major. Therefore, lecturers and parents can apply PECS media on learning activities at school and at home.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ishak Gerald Bachtiar, S.Si, M.Pd. 2). Lalan Erlani, M.Ed.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Tinggi, Universitas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 02 Apr 2022 16:11
Last Modified: 02 Apr 2022 16:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25639

Actions (login required)

View Item View Item