DIAH AGUSTIANI, . (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION (CLGI) (Studi Penelitian Tindakan Kelas Tentang Energi di SDN Rawabunga 12 Pagi Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf Download (157kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (290kB) |
|
Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf Download (85kB) |
|
Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf Download (141kB) |
|
Text
4. LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (523kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Download (232kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Download (246kB) |
|
Text
6. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf Download (228kB) |
|
Text
7. LEMBAR DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (131kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (84kB) |
|
Text
14. DAFTAR TABEL.pdf Download (132kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (94kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (184kB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Download (93kB) |
|
Text
16. DAFTAR LAMPIRAN DATA 1.pdf Download (4MB) |
|
Text
17. DAFTAR LAMPIRAN DATA 2.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada siswa kelas IV. Secara khusus adalah meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran IPA kelas IV SDN Rawabunga 12 pagi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, menggunakan model cooperative learning tipe group investigation yang diterapkan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Rawabunga 12 pagi yang berjumlah 33 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan data pemantau tindakan dan data penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar IPA yang diperoleh pada siklus I sebesar 63,7% dari jumlah siswa yang telah mencapai nilai ≥ 64 atau hanya 21 orang siswa dan pada siklus II hasil belajar IPA meningkat menjadi 87,8% dari jumlah siswa yang telah mencapai nilai ≥ 64 yaitu sebanyak 29 orang siswa. berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diperoleh kesimpulan bahwa dengan menggunakan model cooperative learning tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada kelas IV SDN Rawabunga 12 pagi Jatinegara Jakarta Timur. Implikasi hasil penelitian ini adalah bahwa jika model cooperative learning tipe group investigation diterapkan, maka dapat meningkatkan hasil belajar IPA karena siswa dilatih untuk belajar secara aktif sehingga pembelajaran ini hendaknya dilaksanakan oleh guru dan disosialisasikan kepada guru lain. The research was intended to improve quality of science learning to students fourth grade. Specifically to improve learning outcomes in learning science to students fourth grade on the Rawabunga 12 Pagi. this type of research is Classroom action research by using cooperative learning model group investigation (CLGI) type is applied in two cycle. Each cycle consists of two meetings and four stages: planning, implementation, observation, and reflection. The subject of this research are fourth grade students of Rawabunga 12 Pagi East of Jakarta Public Primary School totally 33 students. The data collection is done by the data monitoring action and research data. The result of the study showed the data got in first cycle of science learning result up to 63,6% from all students that got score ≥ 64 or only 21 students and in second cycle the result of science learning was increased up to 87,8% from all students that got score ≥ 64 totally 29 students. Based on the result of the study it can be concluded that using cooperative learning model group investigation (CLGI) type can improve the students learning outcomes of science for fourth grade students of Rawabunga 12 Pagi East of Jakarta Public Primary School. The implication of this research is that if the model of cooperative learning type group investigation is applied, it can improve learning outcomes of science because students are trained for active learning so that this learning should be carried out by teachers and disseminated to other teachers.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Budiman Rajagukguk, M.Pd. 2). Drs. Andi Ali Saladin, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 03 Apr 2022 06:16 |
Last Modified: | 03 Apr 2022 06:16 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25648 |
Actions (login required)
View Item |